Pilkades Serentak 125 Desa, Banyak Petahana Berjaya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 125 desa di 11 kecamatan sudah selesai dan berjalan lancar. Banyak petahana berhasil memenangi pemilihan dan kembali mengemban jabatan sebagai kepala desa. Meski begitu tidak sedikit muncul kepala desa baru. Mereka selanjutnya tinggal menunggu proses lanjutan termasuk pelantikan.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Rabu (12/12/2018) mengatakan, pilkades serentak di 125 desa untuk proses pemungutan suara dan penghitungan suara di masing masing desa telah selesai semua. Hasilnya sudah dapat diketahui oleh para calon kepala desa dan masyarakat dimana banyak petahanan memenangi pemilihan. Namun tidak sedikit pula calon kepala desa baru bermunculan ikut menang.

Data dari Bagian Pemdes Pemkab Sukoharjo para petahana memenangi pilkades seperti di wilayah Kecamatan Nguter. Disana digelar pilkades di 15 desa dan 12 desa diantaranya dimenangi petahana. Sedangkan tiga desa lainnya memunculkan kepala desa baru.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Kecamatan Kartasura dimana para petahanan berhasil memperpanjang masa jabatannya sebagai kepala desa melalui proses pilkades. Seperti di Desa Gonilan, Kartasura dimana untuk kali kedua Wahyu Sih Setiawan kembali menang. Hal serupa juga terjadi pada Budiyono di Desa Pucangan dan Mardjono di Desa Wirogunan.

Meski banyak petahanan namun tidak sedikit desa akan dipimpin oleh kepala desa baru usai gelaran pilkades. Seperti di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura memunculkan nama Agus Purwanto, Desa Grogol Kecamatan Grogol pilkades dimenangi Sri Suharso.

"Tahapan pilkades masih jalan setelah pemungutan dan penghitungan suara sampai nanti dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan kepala desa terpilih," ujar Setyo Aji Nugroho.

Dalam proses pilkades yang digelar Selasa (11/12/2018) kemarin Pemkab Sukoharjo tidak menemukan kendala besar di masing masing desa. Kalaupun ada persoalan semuanya dapat diselesaikan oleh petugas atau panitia baik ditingkat desa maupun kecamatan.

Dengan demikian maka pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pilkades di 125 desa sudah dianggap selesai dan tinggal menunggu tahapan selanjutnya. Para kepala desa terpilih sudah dimasukan dalam data base hasil pilkades 2018.

"Pilkades di 125 desa semua dapat berjalan lancar dan tidak ada masalah sampai menyebabkan pilkades harus diulang. Masing masing desa sudah ada pemenangnya," lanjutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, sangat lega pilkades dapat berjalan dengan lancar dan aman. Sebab penyelenggaraan pemilihan digelar di 125 desa di 11 kecamatan. Banyaknya tempat membuat panitia tingkat kabupaten sempat khawatir bisa terjadi masalah saat pelaksanaan. Namun kekhawatiran tersebut tidak terbukti dan semua dapat diselesaikan sesuai perencaanan awal.

Pemkab Sukoharjo mengapresiasi keberhasilan semua pihak yang telah turut serta membantu penyelenggaraan pilkades dapat berjalan lancar dan aman. Selain itu masyarakat juga diapresiasi karena sudah datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilih.

"Setelah penyelenggaraan pilkades ini maka desa akan memiliki kepala desa baru meski banyak diantaranya merupakan petahana. Tapi ada juga kepala desa baru yang menang kali pertama dalam pilkades," ujarnya.

Setelah penyelenggaraan pilkades selesai Pemkab Sukoharjo meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang menjaga kondusiftas wilayahnya. Sebab hal tersebut menjadi modal besar dalam menjaga keamanan Kabupaten Sukoharjo. (Mam) 

BERITA REKOMENDASI