Pilkades Serentak Sukoharjo, 11 Desember Ditetapkan Hari Libur

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo menetapkan tanggal 11 Desember sebagai hari libur bagi aparatur sipil negara (ASN) karena bersamaan dengan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 125 desa di 11 kecamatan. Libur tidak hanya diberikan pada abdi negara saja, namun juga diimbau kepada karyawan swasta agar partisipasi pemilih pada pilkades meningkat. Selain itu libur diberlakukan untuk memberi kesempatan kepada warga bisa menggunakan hak pilih pada pilkades.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Rabu (05/12/2018), surat edaran (SE) tentang penetapan hari libur pada 11 Desember sudah ditetapkan dan ditandatangani. SE tersebut juga telah disebar dan disosialisasikan kesemua organisasi perangkat daerah (OPD) dan tinggal ditindaklanjuti.

SE tersebut bernomor 141/5333 tertanggal 4 Desember 2018 dan ditandatangani Sekretaris Daerah Agus Santosa tentang penetapan hari pemungutan suara sebagai hari libur. Artinya pada 11 Desember mendatang para pegawai atau ASN di Pemkab Sukoharjo libur. "Bahwa Hari Selasa tanggal 11 Desember 2018 dinyatakan sebagai hari libur guna pelaksanaan pilkades serentak," ujarnya.

Dalam SE tersebut Pemkab Sukoharjo meminta kepada para ASN di lingkungan Pemkab Sukoharjo agar turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pilkades serentak 11 Desember mendatang. Bagi unit kerja yang memberikan pelayanan publik secara langsung seperti Rumah Sakit atau pelayanan vital dan terpadu sejenis untuk mengatur penugasan pegawai pada hari libur tersebut.

Pemkab Sukoharjo juga meminta kepada semua para camat agar menyampaikan kepada kepala desa, lurah dan seluruh pimpinan perusahaan di wilayah masing masing untuk memberikan kesempatan seluas luasnya kepada pegawai dan karyawannya ikut berpartisipasi memberikan hak suaranya pada pilkades serentak tersebu.

Kabag Humas Pemkab Sukoharjo Joko Nurhadiyanto mengatakan, benar ada kebijakan dari Pemkab Sukoharjo menetapan 11 Desember sebagai hari libur kerja bagi ASN. Sebab pada hari tersebut bersamaan dengan pelaksanaan pilkades serentak di 125 desa. (Mam)

BERITA REKOMENDASI