PKS Klaten Usung Kader Maju Pilkada 2020

KLATEN, KRJOGJA.com – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Klaten, Marjuki, menyatakan kesiapannya maju dalam Pilkada 2020. Sebagai langkah awal ia menyiapkan diri untuk melakukan pendekatan dengan mitra politik yang lain.

"Bicara Pilkada ini bicara pergantian kepemimpinan, perguliran, atau bahasa sederhananya suksesi, itu suatu ritual dalam negara demokrasi. Maka setiap kita harus merasa biasa saja bicara tentang ini dan bahkan melibatkan diri didalamnya, apalagi kader partai. Bicara dan terlibat persoalan suksesi ini harus menjadi satu kebiasaan, kelaziman, tuntutan sebagai politisi," ujar Marjuki dalam jumpa pers, Minggu (15/12/2019).

Dijelaskan, PKS mencoba mensosialisasikan kepada masyarakat. Salah satunya mendorong kadernya yang dalam Pemilihan Umum Raya (Pemira) beberapa waktu lalu mendapatkan suara signifikan di internal. Kemudian ia didorong untuk tampil mengambil peran di dalam kontestasi Pilkada di Klaten. Hal tersebut menjadi kesempatan pembelajaran yang baik di Tim Pilkada PKS. 

"Saya sebagai kader yang di calonkan (bakal calon bupati) ya mencoba memenuhi harapan kader sebaik mungkin, karena saya selaku ketua DPD sudah melakukan satu bentuk proses pemilu internal yang kemudian resikonya adalah terpilihnya salah satu atau beberapa nominator menurut angka hasil Pemira. Saya yang kebetulan jadi nominator harus tunaikan ini sebaik mungkin," ujarnya.

Selaku kader PKS, lanjut Marjuki, ia akan menyiapkan diri untuk membuka atau pendekatan dengan mitra politik yang lain. Hal tersebut mengingat PKS baru memperoleh lima kursi dengan 68.730 suara, sekalipun percaya diri akan perolehan itu namun fakta konstitusinya tidak memungkinkan PKS mencalonkan secara mandiri.

"Kami butuh komunikasi yang baik dengan mitra politik yang lain, bagaimana membuat pasangan calon yang paling dekat dengan kebutuhan masyarakat Klaten. Itu yang akan kita dorong," imbuhnya.(Lia)

PKS

BERITA REKOMENDASI