PLTS PT TIV Klaten Terbesar di Jawa Tengah

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – PT Tirta Investama (AQUA) Klaten membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar di Jawa Tengah, berkapasitas 2.919 KWp (kilowatt peak).

Kepala Pabrik AQUA Klaten I Ketut Muwaranata Rabu (07/10/2020) mengemukakan, PLTS Atap (rooftop) tersebut dapat menghasilkan listrik sebesar 4 GWh (Gigawatt hour) per tahun. Hal itu bisa mengurangi 3.340 ton CO2 per tahun.

“Total kapasitas terpasang di pabrik Klaten sebesar 2.919 kilowatt peak, yang terdiri 8.340 modul solar panel. Terbentang di 4 gedung produksi kami, dengan luasan 16.550 meter persegi,” kata I Ketut Muwaranata.

Lebih lanjut I Ketut Muwaranata menjelaskan, kapasitas tersebut dinilai sudah sesuai target karena PLTS memanfaatkan bentangan atap untuk pemasangan instalasi. Sedangkan empat bentangan atap pabrik tersebut sudah terisi penuh dengan modul solar panel.

PLTS rooftop tersebut setiap hari berhasil menurunkan emisi karbon rata-rata sebanyak 8 ton. Hal ini setara dengan keberadaan 100 pohon setiap hari, yang mampu dengan efektif merubah karbon diaksida (CO2) menjadi oksigen (O2).

Pemasangan PLTS atap bisa mengcover 10 hingga 20 persen dari total energi yang digunakan PT Tirta Investama Klaten. “Kemungkian pengembangan masih bisa dilakukan di atap gedung-gedung kantor, namun luasanya tidak banyak. Alternatff lain adalah sedang mempelajari menggunakan sumber energi lain,” jelas I Ketut Muwaranata pula.

PLTS industri terbesar di Jawa Tengah tersebut telah diresmikan secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Selasa (06/10/2020).

Hadir secara virtual dalam acara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM Harris Yahya, dan Sekertaris Direktorat Jenderal Industri Agro Kemenperin Emil Satria.

Gubernur Ganjar mengimbau seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan swasta di Jateng untuk membangun PLTS Atap di institusi masing-masing.

Kepala Dinas ESDM Jateng sekaligus Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwi Atmoko, mengatakan, akan mengalokasikan anggaran untuk pembuatan PLTS bagi UMKM di enam kabupaten wilayah Jawa Tengah. Program tersebut diharapkan tereralisasi pada tahun 2021 mendatang. (Sit)

BERITA REKOMENDASI