Pohon Tumbang Segera Ditanam Kembali

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Puluhan pohon tumbang disejumlah wilayah setelah terkena angin kencang beberapa hari terakhir. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo berencana akan melakukan penanaman lagi dalam program penghijuan. Kegiatan dilakukan tidak sekedar mengganti pohon tumbang saja, namun juga bagian dari pelaksanaan peduli lingkungan setelah Pemkab Sukoharjo sering mendapat penghargaan Adipura.

Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setiyono, Jumat (22/11/2019) mengatakan, DLH Sukoharjo sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam melakukan pendataan pohon tumbang disejumlah wilayah dampak angin kencang. Petugas fokus pada keberadaan pohon dengan status milik daerah baik dibawah pengelolaan DLH maupun instansi lain. Hasilnya diketahui ada puluhan pohon tumbang hingga terpaksa harus dipohon agar tidak menganggu aktifitas masyarakat.

Petugas juga menemukan beberapa batang atau ranting pohon patah disejumlah wilayah. Namun pohon tersebut masih bisa tumbuh dan tidak perlu dilakukan pemangkasan total.

Untuk pohon tumbang dan tidak bisa tumbuh nantinya DLH Sukoharjo akan melakukan penghijauan berupa penanaman ulang. Petugas sekarang sedang mempersiapkan bibit untuk ditanam. Bibit yang disiapkan sebagian besar merupakan pohon keras atau perindang.

Selain itu ada juga beberapa jenis pohon buah akan ditanam sebagai bagian dari penghijauan di wilayah perbukitan dan titik tertentu yang sudah ditunjuk petugas. “DLH Sukoharjo akan melakukan penghijauan dengan penanaman kembali pohon dibeberapa titik wilayah terdampak angin kencang,” ujarnya.

Beberapa wilayah yang akan jadi sasaran penghijauan seperti di Kecamatan Sukoharjo Kota, Baki, Gatak, Mojolaban dan Polokarto. Wilayah tersebut beberapa hari lalu diterjang angin kencang sehingga membuat puluhan pohon tumbang.

Program penghijauan tersebut akan dilaksanakan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan pihak terkait. Hal itu dimaksudkan agar mereka ikut peduli dan membantu merawat pohon yang sudah ditanam. DLH Sukoharjo berharap pohon yang sudah ditanam tidak mati dan tetap bisa tumbuh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, dalam kejadian angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Sukoharjo ada puluhan pohon tumbang. Pohon tersebut rusak dan sebagian besar tidak bisa tumbuh lagi karena tercabut hingga ke akarnya. Karena itu perlu dilakukan penanaman kembali dengan melaksanakan program penghijauan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI