Polres Klaten Lakukan Penilaian ITK Berbasis Online

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Polres Klaten menerima penghargaan atas prestasi kinerja terbaik. Hal ini dari hasil penilaian indeks tata kelola kepolisian dengan responden internal, yang dilakukan oleh Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten. Piagam penghargaan diserahkan oleh Rektor Unwidha, Prof Dr Triyono M.Pd, diterima langsung Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, di aula Satyahaprabu Polres Klaten, Selasa (04/05/2021).

Pada hari yang sama juga dilakukan penilaian Indeks Tata Kelola Kepolisian berbasis Online (ITK-O) Polres Klaten oleh responden eksternal di Aula Mapolres setempat. Kegiatan dipimpin oleh Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho, SH. SIK, dihadiri para responden ITK-O dari berbagai latar belakang. Seperti TNI, instansi pemerintah, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan media massa.

Kompol Adi Nugroho mengatakan, pengukuran kinerja seluruh satuan fungsi tingkat Polres termasuk didalamnya adalah Polres Klaten sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah. Pengukuran kinerja dalam ITK-O dilakukan dengan metode pengumpulan data obyektif, observasi, dan data persepsi, yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal.

Pengumpulan data obyektif dan observasi dilakukan dengan cara mengunggah dokumen ke dalam platform ITK Online oleh masing-masing operator satuan fungsi. Sementara untuk data persepsi didapatkan dari informasi responden internal maupun eksternal.

“Pengambilan data persepsi ini merupakan rangkaian dari penilaian kinerja Polres Klaten dalam ITK-O. Data persepsi didapatkan dari informasi responden internal maupun eksternal Polri melalui kuesioner online. Untuk responden internal sudah kita laksanakan Minggu (27/04/2021).” kata Wakapolres.

Wakapolres lebih lanjut menjelaskan, pelaksanaan penilaian ITK-O bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja tata kelola Polres Klaten, mengukur dan mengevaluasi kinerja pelayanan publik Polres Klaten dan untuk mendapatkan rekomendasi kebijakan Polres Klaten kedepannya. Adapun beberapa kriteria yang menjadi penilaian antara lain kompetensi, responsif, perilaku, transparan, keadilan, efektivitas, dan akuntabilitas.

Dalam kegiatan ini Polres Klaten menggandeng Universitas Widya Dharma sebagai tim peneliti untuk mengumpulkan responden dan menjaga objektifitas data persepsi.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan kinerja dan meningkatkan kualitas pelayanan. Kami berharap ke depan Polri khususnya Polres Klaten lebih profesional dan presisi.” jelas Wakapolres pula. (Sit)

BERITA REKOMENDASI