Polres Klaten Panggil Saksi Kasus Tambang Merapi

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Polres Klaten bakal memanggil para saksi untuk dilakukan klarifikasi terkait kasus tambang PT. STAR yang pernah beroperasi di Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Konflik internal pengusaha tambang ini dipicu dari bagi hasil usaha pertambangan yang tak sesuai dengan kesepakatan.

“Nanti kita klarifikasi terkait dengan beberapa pihak. Termasuk akan kita datangkan ahli baik dari pidana maupun perdata. Selanjutnya perkembangan nanti saya sampaikan,” ujar Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, Selasa (28/07/2020).

Dijelaskan, aduan tersebut dilaporkan oleh Wisnu Nugroho warga Semanggi, Pasar Kliwon, Solo ke Polres Klaten pada tahun 2019. Terakhir, polisi telah mengambil keterangan para ahli. Surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP) pertama telah diberikan kepada pelapor pada April 2020.

“Kami sudah memproses aduan itu dan melakukan penyelidikan. Ini kan persoalan internal perusahaan, terkait ada beberapa perjanjian,” ujar Hasibuan.

Sementara itu, Wisnu Nugroho bersama kuasa hukumnya, Jamal, mendatangi Polres Klaten, Senin (27/07/2020) sore. Kedatangannya itu untuk menindaklanjuti aduan yang pernah dikirim ke Polres Klaten pada tahun 2019.

“Silaturahmi ke Polres Klaten ini untuk menanyakan aduan klien kami pak Wisnu. Beliau ini sudah hampir satu tahun buat laporan ke Polres Klaten, aduan, tidak mampu dinaik-naikkan, saya gak tahu kenapa,” ujar Jamal.

BERITA REKOMENDASI