Polres Sukoharjo Gelar Pelatihan Identifikasi Obat Palsu

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan tentang identifikasi obat dan minuman beralkohol palsu. Pelatihan yang digelar bersama Integrity dan AACS ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota Polres Sukoharjo berkaitan dengan identifikasi obat dan minuman beralkohol palsu. Hal ini penting mengingat kasus tersebut rawan muncul di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Ini kesempatan langka, mari kita manfaatkan pelatihan ini dengan serius untuk meningkatkan pengetahuan kita,” ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Sabtu (02/04/2022).

Kapolres mengatakan obat palsu ataupun minuman palsu merupakan sesuatu yang berbeda dari kejahatan konvesional. Obat ataupun minuman palsu ini merupakan kejahatan yang bersifat economic crime, yang mana ini memberikan dampak ekonomi dan kesehatan yang luar biasa bagi masyarakat.

“Bayangkan orang yang minum obat, dan obat itu palsu. Mungkin tidak hanya obatnya tak berkhasiat, bahkan ada kandungan dari obat itu yang berbahaya. Sehingga bukannya sembuh tetapi malah tambah sakit atau bahkan menyebabkan kematian,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kapolres menerangkan bahwa para pelaku obat palsu sudah semakin canggih. “Kita pernah menggrebek suatu gudang, itu mereka mempunyai alat-alat untuk pencetakan kemasan seperti obat yang asli. Dan itu kalau kita lihat dengan kasat mata itu sama persis dengan obat-obat yang asli,” lanjutnya.

Kapolres berharap dengan pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan anggota Polres Sukoharjo. “Sehingga kita dapat mengantisipasi adanya peredaran-peredaran obat-obatan ataupun minuman-minuman palsu di wilayah Sukoharjo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI