Polres Sukoharjo Latihan Penanganan Bencana Alam

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo bersama tim gabungan melakukan latihan penanganan bencana alam di Waduk Mulur, Bendosari. Kegiatan digelar selama tiga hari dimulai Rabu – Jumat (5-7/12). Petugas dari masing masing satuan dalam latihan tersebut mendapat pembekalan baik secara teori maupun praktik.

Kasat Sabhara Polres Sukoharjo AKP Tourakhman, Rabu (5/12) mengatakan, latihan bersama digelar sebagai agenda rutin tahunan tim gabungan dalam penanganan bencana alam. Mereka yang terlibat dari Polri, TNI, SAR, BPBD, Ormas dan sejumlah pihak terkait lainnya. Petugas yang dilibatkan mencapai ratusan orang dilatih dalam berbagai materi.

Latihan digelar sebagai bagian dari persiapan petugas dalam menghadapi dan penanganan bencana alam. Persiapan tidak lain untuk menyamakan visi misi dan pembagian tugas saat terjadi bencana alam.

"Petugas dari masing masing satuan yang terlibat pelatihan memiliki fungsi dan tugas masing masing. Mereka dipersiapkan dalam membantu masyarakat termasuk penanganan bencana alam," ujarnya.

Latihan digelar di Waduk Mulur, Bendosari yang memiliki kelengkapan fasilitas. Tidak hanya tempatnya yang luas namun juga tersedia tampungan air berupa waduk untuk latihan menyelam dan penyelamatan.

Bencana alam yang diwaspadai oleh petugas dari tim gabungan tidak hanya banjir namun juga angin kencang dan tanah longsor. Beberapa wilayah memiliki kerawanan bencana alam tersebut dan mendapat pengawasan dari petugas. (Mam)

BERITA REKOMENDASI