Polres Sukoharjo Musnahkan 2.168 Liter Miras

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo melakukan pemusnahan barang bukti hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) berupa minuman keras (miras) sebanyak 2.168 liter. Kegiatan digelar di halaman Mapolres Sukoharjo dipimpin langsung Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Rabu (30/03/2022). Hadir juga tokoh agama dan masyarakat serta anggota DPR RI Eva Yuliana.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, bahwa dalam rangka menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Sukoharjo maka Polres Sukoharjo dan Polsek jajaran melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan di wilayah hukum Polres Sukoharjo selama bulan Maret 2022 hingga menjelang puasa Ramadhan. Kegiatan dilakukan secara menyeluruh disemua wilayah.

Hasil operasi pekat yang melibatkan gabungan Polsek jajaran diketahui, untuk miras jenis ciu sebanyak tujuh jeriken masing-masing jeriken sebanyak 30 liter, 666 botol plastik dan 21 botol kaca. Total keseluruhan barang bukti yang disita sebanyak 1.142 liter. Hasil operasi pekat gabungan Polres Sukoharjo untuk miras jenis ciu sebanyak 10 jeriken, masing-masing sebanyak 30 liter, 432 botol plastik dan 168 botol kaca. Total keseluruhan hasil operasi tersebut sebanyak 1.026 liter.

“Jumlah total untuk jeriken hasil operasi pekat untuk ada 17 buah jeriken, 1.098 botol plastik, 198 botol kaca dengan total keseluruhan 2.168 liter,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, pelaksanaan pemusnahan barang bukti berupa miras jenis ciu atau pabrikan dimusnahkan dengan cara simbolis dituang beberapa botol ke dalam drum besar. Sedangkan miras lainnya dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Mojorejo, Bendosari Sukoharjo atau ke IPAL Mojosongo Jebres Solo untuk menghindari pencemaran lingkungan.

“Operasi pekat masih akan terus kami lakukan untuk menjaga Kamtibmas baik menjelang maupun selama puasa Ramadhan. Sasaran disemua wilayah dan petugas sudah kami sebar,” lanjutnya.

Beberapa tempat sasaran operasi pekat seperti di tempat yang sering menjual miras, perajin ciu hingga di jalan. Khusus untuk operasi pekat di jalan dilakukan mengingat beberapa kejadian petugas menemukan pelanggaran orang mengangkut miras untuk dibawa ke luar daerah.

Anggota DPR RI Eva Yuliana mengatakan, pihaknya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Polres Sukoharjo dan jajarannya. Apa yang dilakukan dalam menjaga Kamtibmas menjelang puasa Ramadhan patut diapresiasi.

“Saya berharap dalam puasa Ramadhan nanti Polres Sukoharjo dan jajarannya bisa mengawal ibadah puasa Ramadhan masyarakat lebih khusyuk dan lebih baik lagi,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI