Polres Sukoharjo Siapkan Pengamanan Masyarakat

SUKOHARJO,KRJOGJA.com – Masyarakat diminta untuk mewaspadai kerawanan tindak kejahatan selama puasa ramadan hingga lebaran. Polres Sukoharjo menyiapkan petugas apabila masyarakat membutuhkan pengamanan khusus semisal pengambilan uang dalam jumlah besar.

Kasubag Humas Polres Sukoharjo AKP Joko Sugiyanto, Rabu (14/6/2017) mengatakan, kerawanan terjadinya tindak kejahatan harus diwaspadai. Termasuk saat puasa ramadan hingga lebaran mendatang. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktifitas diluar dengan menonjolan kemewahan dengan menggunakan banyak perhiasan dan membawa banyak uang. Kondisi tersebut bisa memancing pelaku kejahatan.

Proteksi dini harus dilakukan masyarakat dengan melakukan pengamanan diri. Semisal memasang kamera CCTV, menggunakan jasa pengamanan satpam, mengaktifkan siskamling, ronda malam dan lainnya.

“Misal ada masyarakat yang mengambil uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan puasa ramadan dan lebaran. Maka bisa meminta bantuan pengawalan. Pengamanan bisa kami siapkan,” ujar AKP Joko Sugiyanto.

Pengamanan dilakukan sebagai bagian dari pengawalan dari pihak kepolisian kepada masyarakat. Apabila tidak maka rawan terjadi tindak kejahatan.

Bentuk kewaspadaan juga harus dilakukan oleh pemilik tempat usaha seperti perbankan, toko emas dan perkantoran. Mereka juga harus melakukan pengamanan dini.

Patroli lapangan dengan menerjunkan petugas bersenjata lengkap juga dilakukan Polres Sukoharjo disemua wilayah. Khusus ditempat rawan kejahatan dilakukan dengan memperbanyak frekuensi patroli.

“Patroli dilakukan baik dengan menggunakan mobil, sepeda motor maupun sepeda angin disemua tempat. Termasuk saat jam salat tarawih dan subuh,” lanjutnya.

Khusus untuk patroli keliling saat jam salat tarawih dilakukan karena tingginya kerawanan tindak kejahatan. Sebab masyarakat kosentrasi di masjid untuk menjalankan ibadah. Sementara rumah tinggal dan tempat usaha dalam kondisi kosong ditinggal pemiliknya.

“Silahkan masyarakat menghubungi petugas terdekat apabila membutuhkan bantuan pengamanan,” lanjutnya.(Mam)

 

BERITA REKOMENDASI