Polres Sukoharjo Waspadai Tiga Titik Rawan Macet

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tiga titik rawan kemacetan kendaraan diwaspadai Satlantas Polres Sukoharjo saat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ketiga titik tersebut yakni, simpang tiga bundaran tugu Kartasura, simpang empat budaran patung pandawa Solo Baru, Grogol, dan simpang lima bundaran tugu Adipura Sukoharjo Kota. Polres Sukoharjo akan membangun Pos Pengamanan (Pospam) dan menempatkan petugas membantu mengatur kelancaran lalu lintas. 

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto, Minggu (15/12) mengatakan, Satlantas Polres Sukoharjo sudah melakukan pemetaan rawan kemacetan kendaraan dalam menghadapi perayaan Nataru. Titik kerawanan masih sama seperti saat pengamanan tahun sebelumnya. Petugas memetakan ada tiga titik paling rawan macet karena menjadi pertemuan kendaraan dari semua wilayah. 

Ketiga titik tersebut yakni, simpang tiga bundaran tugu Kartasura, simpang empat budaran patung pandawa Solo Baru, Grogol, dan simpang lima bundaran tugu Adipura Sukoharjo Kota. Titik tersebut sama seperti saat arus mudik dan balik Lebaran maupun Nataru tahun sebelumnya. 

Satlantas Polres Sukoharjo memberikan perlakukan berbeda terhadap tiga titik rawan macet tersebut. Di wilayah tersebut dibangun Pospam sekaligus menempatkan petugas dengan jumlah banyak. Fungsinya selain memberikan jaminan keamanan juga membantu pengaturan dan mengurai kamecetan kendaraan. 
Simpang tiga bundaran tugu Kartasura menjadi titik rawan macet karena menjadi lokasi pertemuan kendaraan dari semua wilayah. Kendaraan seperti dari arah barat seperti Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Semarang masuk di simpang tiga bundaran tugu Kartasura. Hal sama juga terjadi pada kendaraan dari arah timur seperti Surabaya. Faktor tidak kalah penting menjadi penyebab kemacetan yakni adanya pintu tol Ngasem, Kartasura. 

Titik rawan macet lainnya yakni di simpang empat budaran patung pandawa Solo Baru, Grogol. Lokasi tersebut menjadi gerbang keluar masuk kendaraan dari Sukoharjo ke Kota Solo atau sebaliknya. Terakhir titik rawan kemacetan berada di simpang lima bundaran tugu Adipura Sukoharjo Kota. Titik tersebut merupakan jalur penghubung antara Sukoharjo dengan Kabupaten Wonogiri. 

“Satlantas Polres Sukoharjo sudah melakukan persiapan antisipasi kemacetan kendaraan saat Nataru. Khusus di wilayah rawan macet akan dilakukan pengaturan ekstra dan rekayasa lalu lintas,” ujarnya. 

Penempatan Pospam akan dibangun Polres Sukoharjo di depan Polsek Kartasura, Simpang Pandawa Solo Baru, Grogol, dan Simpang Lima dalam Sukoharjo Kota atau di depan Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah Graha Wijaya. Proses pembangunan sekarang sedang dikerjakan dan diharapkan segera selesai dalam waktu dekat. 

“Untuk membantu penyebarluasan informasi berkaitan rekayasa lalu linta saat Nataru maka kami akan memanfaatkan media sosial (medsos). Diharapkan masyarakat bisa segera tahu informasi yang kami sebara dan menghindari titik macet,” lanjutnya. (Mam) 
 

BERITA REKOMENDASI