Polres Sukoharjo Wujudkan Kamtibmas Saat Masa PPKM Darurat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memimpin kegiatan pengecekan kendaraan bermotor (Ranmor) dinas di Stadion Gelora Merdeka, Jombor, Bendosari, Senin (12/07/2021). Kegiatan dilakukan dalam rangka Polres Sukoharjo siap mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Virus Corona 3-20 Juli.

Total ada 396 kendaraan dinas yang dilakukan pengecekan. Rinciannya, kendaraan dinas dari fungsi Binmas, Sabhara, Satlantas, mobil Bigbone Polsek jajaran, kijang patroli Polsek jajaran, kendaraan motor dinas Babhinkamtibmas. Pengecekan dilakukan satu per satu untuk dilihat kondisinya sekarang.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pengecekan kendaraan dinas dilakukan untuk merespon adanya kekhawatiran beberapa elemen masyarakat tentang pemberlakuan PPKM darurat virus Corona. Kekhawatiran muncul khususnya di malam hari yang menyebabkan jalan-jalan menjadi sepi karena semua aktivitas dibatasi hingga pukul 20.00 WIB. Kondisi tersebut dikhawatirkan rawan terjadi tindak kriminal. “Apel ini bertujuan mengecek kondisi kendaraan motor dinas sekaligus kesiapsiagaan petugas yang mengoperasionalkan kendaraan tersebut,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, petugas juga akan terus melaksanakan patroli baik secara terbuka oleh polisi berseragam maupun secara tertutup yang dilaksanakan oleh petugas polisi tidak berseragam. Kapolres memastikan dengan adanya petugas yang selalu siap siaga dan didukung kendaraan dinas yang dalam kondisi prima maka Polres Sukoharjo selalu siap untuk mewujudkan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, pengetatan penyekatan dengan menutup akses jalan semakin ditingkatkan Polres Sukoharjo selama pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Virus Corona 3-20 Juli 2021. Total sekarang ada 13 titik jalan ditutup atau ada penambahan dua titik dari sebelumnya hanya 11 titik. Polisi juga sedang memetakan dan segera menutup sejumlah jalur alternatif yang sering digunakan sehingga rawan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sukoharjo Ipda Guntur Setyawan, Sabtu (10/07/2021) mengatakan, sesuai arahan pimpinan pengetatan penyekatan terus dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo ditengah pemberlakuan PPKM darurat virus Corona. Pengetatan dilakukan dengan menambah titik penyekatan berupa penutupan akses jalan. Penambahan tersebut dari sebelumnya hanya 11 titik bertambah dua titik sehingga total menjadi 13 titik akses jalan ditutup.

Pengetatan penyekatan dilakukan dengan menutup total sebanyak 13 akses jalan selama 24 jam dengan memasang barikade. Sebelumnya petugas sempat memberlakukan sistem buka tutup jalan. Penutupan total dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat ditengah pemberlakuan PPKM darurat virus Corona.

Penutupan akses jalan tersebut seperti dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo menuju kota. Ruas jalan ditutup total petugas sehingga tidak ada lagi kendaraan bisa masuk. Titik penutupan dimulai dari batas kota di wilayah Kelurahan Bulakrejo dan simpang tiga terminal bus di wilayah Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo.

“Sekarang tambah lagi menjadi 13 ruas jalan ditutup ditengah pemberlakuan PPKM darurat virus Corona. Sebelumnya hanya 11 titik saja. Penutupan dilakukan total dan tidak lagi buka tutup,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI