Prajurit Kodim Sukoharjo Dilatih Evakuasi Korban Banjir

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Anggota Kodim 0726 Sukoharjo diberi pelatihan evakuasi terhadap korban bencana banjir. Latihan digelar di Waduk Mulur, Bendosari. Pelatihan sangat penting mengingat sekarang masih rawan banjir.

Pasi Ops Kodim Sukoharjo, Kapten (Inf) Sunarto mengatakan, bencana alam khususnya banjir masih rawan terjadi. Saat ini masih musim hujan dan debit air khususnya di Sungai Bengawan Solo cukup tinggi.

Dibeberapa wilayah rawan banjir juga telah melakukan kesiapsiagaan. Masyarakat bersama petugas melakukan antisipasi agar saat banjir datang tidak sampai menimbulkan korban.

Kodim Sukoharjo melakukan kesiapsiagaan dengan memberikan pelatihan kepada anggota. Latihan dengan menggunakan medan air di Waduk Mulur, Bendosari diberikan dengan materi berkaitan dengan evakuasi terhadap korban banjir.

“Latihan untuk mempersiapkan kemampuan dan mengasah anggota khususnya dalam penggunaan perahu dan penguasaan medan air saat evakuasi korban banjir,” ujarnya disela kegiatan, Senin (11/12/2017).

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo tetap melakukan kesiapsiagaan terhadap kerawanan bencana alam. Tidak hanya banjir saja, melainkan juga tanah longsor dan angin kencang.

Khusus untuk kesiapsiagaan banjir dilakukan dengan memberikan berbagai pelatihan kepada anggota. Salah satunya yakni latihan evakuasi banjir dengan menggunakan perahu karet. Latihan lainnya juga dilakukan berkaitan dengan penanganan terhadap korban tanah longsor dan angin kencang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI