Proses Pencetakan KIA Secara Kolektif

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Proses Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sudah dilakukan secara kolektif sampai ditingkat desa dan kelurahan. Petugas telah melakukan sosialisasi dengan memberi penjelasan kepada masyarakat. Para orang tua juga diminta segera mengumpulan persyaratan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo Sriwati Anita, Senin (02/10/2017) mengatakan, pencetakan KIA sekarang tidak lagi menunggu pemohon datang, melainkan sudah jemput bola dengan meminta kepada masyarakat. Sosialisasi sudah dilakukan petugas sampai ditingkat desa dan kelurahan di 12 kecamatan di Sukoharjo.

Petugas memberikan penjelasan mengenai KIA termasuk fungsinya untuk anak. Selanjutnya pihak desa meneruskan sosialisasi tersebut kepada pengurus RT/RW termasuk PKK. Para orang tua kemudian diminta mengumpulkan persyaratan pencetakan KIA.

“Sasarannya para orang tua yang punya anak 0 – 17 tahun di 167 desa di 12 kecamatan. Sudah kami sosialisasikan dan sekarang jemput bola meminta para orang mengumpulkan syarat secara kolektif di masing masing RT/RW, desa dan kelurahan,” ujar Sriwati Anita.

Program tersebut dilakukan secara bergantian dimasing masing desa, kelurahan dan kecamatan. Setelah persyaratan terkumpul semua maka selanjutnya disetorkan dari desa dan kelurahan ke kecamatan kemudian ke Dispendukcapil Sukoharjo.

Pencetakan sendiri dilakukan secara kolektif dengan maksud mempercepat pelaksanaan, dengan demikian maka pencetakan bisa dilakukan dengan cepat dan jumlah banyak. “Pencetakan tetap antri karena kami hanya memiliki satu alat. Tapi dengan kolektif maka akan mempercepat proses daripada antri satu satu di kantor Dispendukcapil,” lanjutnya.

Selain di desa dan kelurahan sosialisasi juga dilakukan di semua sekolah. Pengumpulan syarat juga dilakukan secara kolektif dan pecetakan tetap dilakukan di Dispendukcapil Sukoharjo.

Pembuatan KIA dilayani di kantor Dispendukcapil Sukoharjo kepada masyarakat dengan menyertakan syarat. Pemohon atau orang tua yang akan mengurus KIA untuk Anak dengan usia 0 – 5 tahun cukup membawa syarat fotocopy Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan anak usia 5 – 17 tahun syarat ditambah dengan membaya pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Pelayanan pencetakan KIA terus dilayani mengingat stok blangko cetak sangat banyak. Dispendukcapil Sukoharjo memiliki sekitar 70 ribu keping. Jumlah tersebut masih akan ditambah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI