Protokol Kesehatan Dilanggar, Kasus Covid-19 di Klaten Melonjak

KLATEN, KRJOGJA.com – Ledakan penambahan kasus Covid 19 di Kabupaten Klaten, karena tidak dipatuhinya protokol kesehatan.

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Klaten, dr Rony Roekmito Mkes, Minggu (15/11/2020) mengemukakan, dari 201 kasus penambahan posiitf Covid 19, sebanyak 76 persen karena kontak erat dengan orang yang sebelumnya sudah terpapar.

“Analisa kami, 76 persen karena kontak erat. Berarti protokol kesehatan dilanggar. Contoh di Ngawen, OTG yang isolasi mandiri, ternyata malam hari jalan-jalan kulineran. Akhirnya menulari 9 orang lainya. Ini menjadi warning bagi masyarakat bahwa covid masih ada, jmari disiplin menerapkan prokes,” kata dr Rony.

Penularan bervariasi, ada ayng akibat melakukan kegiatan kumpul-kumpul, tilikan, kontak dengan anggota keluarga atau teman.

 

Sehubungan hal itu, dr Rony menegaskan bahwa ia sudah meminta seluruh satgas penanganan covid 19 tingkat kecamatan untuk memperketat pengawasan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. “Meerka ini kan OTG, jadi masyarakat tidak tahu kalau yang bersangkutan positif Covid. Malam-malam jajan kontak dengan teman-temanya akhirnya banyak yang kena. Penyebaran merata hampir seluruh kecamatan di Klaten,” jelas dr Rony.

Sebelumnya, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten mengumumkan, pada hari Sabtu 14 Nopember 2020 terjadi penambahan 201 orang terkonfirmasi positif covid-19, dan 4 orang meninggal dunia. (Sit)

BERITA REKOMENDASI