Proyek Kebun Raya Indrokilo Dimulai

BOYOLALI (KRjogja.com) – Pembangunan Kebun Raya Indrokilo di Dusun Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Mojosongo, akan segera dimulai. Untuk tahap awal, pembangunan kebun raya tersebut akan dimulai dengan pembendungan Sungai Sombo untuk pembuatan DAM yang nantinya akan menjadi sumber air utama untuk kebun raya.

Kepala BLH Boyolali, Cipto Budoyo, akhir pekan lalu menjelaskan, tender untuk pembendungan anak sungai Gandul tersebut sudah selesai dengan anggaran sekitar Rp 1,9 miliar dan dalam waktu dekat pengerjaan proyek akan dimulai.  Pembangunan DAM tersebut cukup vital dalam pembangunan dan pengembangan kebun raya, sebab awasan Indrokilo tak mempunyai sumber mata air. Sehingga dalam proyek awal, pembuatan DAM tersebut didahulukan.

“Air dari DAM tersebut nantinya akan dilairkan ke kawasan kebun raya dan akan menjadi sumber air untuk berbagai kebutuhan, semisal untuk sumber irigasi berbagai tanaman yang ditanam di kebun raya,” katanya.

Dijelaskannya, meski wacana pembangunan kebun raya seluas delapan hektare dengan bekerja sama menggandeng Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah berhembus sejak tahun lalu, proses pengerjaan fisik baru  dilakukan melalui APBD – Perubahan 2016. (M-9)

BERITA REKOMENDASI