PT TASPEN Bedah ‎Rumah Janda Veteran

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Sebuah rumah tak layak huni milik seorang veteran, yakni di Dukuh Sendang Bendo, Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, dibedah atau diperbaiki oleh PT TASPEN Surakarta. Rumah yang menjadi sasaran ‎bedah rumah melalui progran Bina Lingkungan PT TASPEN adalah rumah milik Djiyem Ngatiyem (80), janda seorang veteran yang ausah meninggal. Rumah yang dulunya berlantai tanah dan berdinding gedhek tersebut diperbaiki total berganti lantai dan tembok semen dengan total dana perbaikan mencapai Rp 25 juta.

Usai penyerahan kunci rumah, Rabu (21/12/2016), Kepala Cabang PT TASPEN Surakarta, Tawab menjelaskan, program perbaikan rumah ini merupakan tanggung jawab sosial PT TASPEN untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama membantu meringankan beban para aparatur sipil negara dan anggota veteran yang masih hidup dalam kekurangan.

Selain di Boyolali, PT TASPEN Surakarta juga memperbaiki satu unit rumah di wilayah Sragen dengan masing-masing biaya per unit senilai Rp 25 juta. "Program ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk PT TASPEN Surakarta, kami membedah dua unit rumah," katanya.

Wakidi (55), putra Djiyem Ngatiyem mengatakan, ayahnya yang seorang veteran sudah meninggal. Sebelum rumahnya dibedah, kondisi tempat tinggal ibunya cukup memprihatinkan. Terlebih lagi sejak beberapa bulan lalu ibunya hanya terkulai lemas di ranjang karena terjatuh beberapa bulan lalu. Separuh anggota tubuhnya pun tak bisa digerakkan.

"Dulu lantainya masih tanah dan dindingnya berupa gedhek. Kalau hujan sering bocor. Terima kasih banyak sudah diperbaiki," katanya.

Kakanminvetcad IV-30/Boyolali‎, Mayor Caj Purwantyo menambahkan, Ibu Djiyem adalah seorang Warakawuri atau istri tentara yang kondisi ekonominya kekurangan, sehingga mesti mendapat perhatian. Pihaknya sendiri saat ini terus mendata dan memantau kondisi kehidupan para veteran agar jangan sampai para bunga bangsa hidup dalam kondisi kekurangan.

Selain dari PT TASPEN, para veteran yang kondisi rumahnya tak layak huni juga mendapat bantuan bedah rumah dari berbagai pihak, seperti BUMN dan Kementerian Pertahanan. ‎"Kita langsung turun ke bawah untuk melakukan surveyM bantuan untuk para veteran ini setiap tahun ada,” tandasnya. (R-11)‎

BERITA REKOMENDASI