PUPR Sukoharjo Gencarkan Pemeliharaan Jalan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo gencarkan gerakan pemeliharaan jalan disemua wilayah. Petugas melakukan perbaikan terhadap jalan rusak ringan dengan pengaspalan ulang agar bisa kembali digunakan masyarakat. Sedangkan untuk pembangunan jalan dalam proyek besar belum dilaksanakan mengingat kondisi masih pandemi virus corona.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Kamis (3/9), mengatakan, gerakan pemeliharaan jalan mulai dilaksanakan DPUPR Sukoharjo sejak awal Agustus ini. Petugas disebar disejumlah wilayah melakukan pemeliharaan dengan pengaspalan ulang. Sebelum dikerjakan terlebih dahulu dilakukan pemetaan lokasi untuk melihat kondisi kerusakan dan titik jalan.

Pemeliharaan jalan tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan kembali fungsi agar nyaman saat digunakan masyarakat. Sebab jalan rusak seperti kondisi berlubang sangat membahayakan dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Beberapa titik jalan yang dilakukan pemeliharaan seperti di wilayah Solo Baru, Kecamatan Grogol, Gentan, Kecamatan Baki dan Mayang, Kecamatan Gatak. Jalan berlubang disaana sekarang sudah ditambal petugas dengan pengaspalan ulang.

“DPUPR Sukoharjo sudah melakukan pemetaan kondisi kerusakan jalan. Kalau parah maka perlu pembangunan ulang. Sedangkan ringan cukup ditambal pengaspalan ulang. Sekarang ini kami hanya bisa pemeliharaan saja sifatnya penambalan saja karena menyesuaiakan kondisi pandemi virus corona,” lanjutnya.

Bowo menjelaskan, sesuai petunjuk dari pemerintah pusat dijelaskan bahwa proyek pembangunan dan peningkatan jalan sekarang tidak diperbolehkan karena pandemi virus corona. Pengerjaan hanya diperbolehkan sebatas pemeliharaan jalan saja. Ketentuan tersebut wajib berlaku disemua daerah termasuk dijalankan Pemkab Sukoharjo.

BERITA REKOMENDASI