Puskesmas di Boyolali Didorong Terakreditasi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pelayanan kesehatan masyarakat terus ditingkatkan, diantaranya dengan mendorong Puskesmas agar terakreditasi. Pada 2018 nanti, diharapkan seluruh Puskesmas di Boyolali sudah terakreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Ratri S Lina, Kamis (19/10/2017) menjelaskan, sejak 2016 lalu hingga sekarang, sudah 10 dari 29 Puskesmas di Boyolali yang sudah terakreditas, dimana tujuh Puskesmas mengantongi akreditasi tingkat madya dan tiga Puskesmas berakreditasi tingkat dasar. Tahun ini, ditargetkan sebanyak 13 Puskesmas juga akan memperoleh akreditasi.

"Sedang enam Puskesmas lain diharapkan bisa memperoleh akreditas pada tahun depan sehingga nanti seluruh Puskesmas di Boyolali terakreditasi," katanya.

Akreditasi ini, sebutnya, dilakukan agar pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas memenuhi standar pelayanan kesehatan dan bisa menjalankan fungsinya sebagai organisasi secara optimal dalam, meliputi peningkatan sumber daya hingga proses kinerja pelayanan.

Penilaian akreditasi ini dilakukan secara rutin tiap tiga tahun sekali untuk memastikan bahwa status akreditasi yang disematkan benar-benar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Diharapkan nanti, seluruh puskesmas di Boyolali bisa mendapat akreditasi di seluruh jenjang, baik akreditasi tingkat dasar, madya, hingga paripurna.

"Dengan akreditasi, diharapkan seluruh puskesmas di Boyolali bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam memperoleh akses pelayanan kesehatan," pungkasnya. (Gal)

 

 

BERITA REKOMENDASI