Puskesmas di Sukoharjo Lolos Penilaian BLUD

SUKOHARJO,KRJOGJA.com –  Status semua Puskesmas di Sukoharjo dalam waktu dekat akan berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) setelah dipastikan lolos penilaian. Tahap selanjutnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan BLUD dari Bupati Sukoharjo. 
 
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Selasa (25/12) mengatakan, tahapan penilaian terhadap semua Puskesmas telah selesai semua. Penilaian dilakukan oleh tim dengan mendatangi langsung Puskesmas pada 20 Desember kemarin. Tim dengan cemat melakukan penilaian terhadap semua dokumen yang diperlukan. 
 
Butuh sejumlah tahapan untuk Puskesmas agar bisa mendapatkan status sebagai BLUD. Salah satunya yakni wajib mengikuti tahapan penilaian. Hal itu untuk memastikan apakah Puskesmas memenuhi kriteria yang telah ditetapkan 
 
“Ada enam dokumen yang dinilai oleh tim penilai terhadap semua Puskesmas sebagai tahapan menjadi BLUD seperti pola tata kelola, keuangan, audit, dan lainnya,” ujarnya. 
 
Tim penilai dipastikan telah selesai melakukan penilaian terhadap semua Puskesmas. Hasilnya diketahui semua Puskesmas di Sukoharjo dinyatakan lolos penilaian. Kondisi tersebut membuat lega DKK Sukoharjo karena sejak awal memang berharap semua Puskesmas bisa mendapatkan status BLUD. 
 
DKK Sukoharjo sendiri pasang target pada 2019 mendatang semua Puskesmas bisa menjadi BLUD. Hal itu tidak hanya menguntungkan bagi Puskesmas itu sendiri namun juga terhadap masyarakat. Salah satunya berkaitan dengan peningkatan pelayanan kesehatan. 
 
Setelah dipastikan lolos penilaian maka tahap berikutnya yakni tinggal menunggu SK Penetapan BLUD Puskesmas dari Bupati Sukoharjo. DKK Sukoharjo sudah menyampaikan hasil penilaian terhadap semua Puskesmas kepada bupati. 
 
Status BLUD nantinya akan menguntungkan bagi Puskesmas karena lebih fleksibel dalam mengelola keuangan. Nantinya keuangan Puskesmas tidak harus mengikuti mekanisme daerah namun bisa dilakukan sendiri secara internal. 
 
“Puskesmas setelah menjadi BLUD maka nanti wajib meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Banyak hal yang harus dilakukan agar kedepan semakin maju,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI