Rapat Panitia Pemungutan Suara Timbulkan Kalster Baru, Klaten Kembali Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Rapat panitia pemungutan suara (PPS) Desa Duwet Kecamatan Wonosari Klaten menjadi klaster baru penyebaran Covid 19. Data terbaru di Klaten, Senin (31/08/2020) terdapat penambahan 46 pasien positif Covid 19. Dari jumlah tersebut 30 orang diantaranya dari Desa Duwet.

Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito mengemukakan, penambahan yang sangat signifikan tersebut akibat masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Rapat PPS di Desa Duwet, hanya beberapa orang tetapi tidak mematuhi protokol kesehatan. Tidak pakai masker, tidak jaga jarak. Mereka kontak dengan orang positif, lalu pulang menularkan pada keluarga dan ke orang lain,” kata Rony.

Sehubungan hal itu, telah diperintahkan untuk dilakukan lockdown Desa Duwet atau RW yang warganya paling banyak terkonfirmasi Covid 19. Lebih lanjut Rony menjelaskan, sejak Minggu (30/08/2020) status Klaten kembali pada zona merah, dengan reproduksi penularan 1,36.

Dalam artian satu orang positif Covid 19 bisa menularkan pada dua orang atau lebih dan masing-masing bisa menularkan pada dua orang lainya atau lebih, begitu seterusnya. Juru bicara Gugas PP Covid-19 Klaten, dr Cahyono Widodo MKes menyampaikan terdapat penambahan 46 orang terkonfirmasi positif covid-19 dan 1 pasien covid-19 meninggal dunia.

Jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 318 orang. Sebanyak 129 orang menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri, 176 orang sembuh dan 13 orang meninggal dunia.

Penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru Senin (31/08/2020) berasal dari Wonosari sebanyak 30 orang, dari Juwiring dan Karangnongko masing-masing satu orang, dari Klaten Utara dan Gantiwarno masing-masing dua orang, dari Delanggu tujuh orang, serta dari Kebonarum, Wedi dan Prambanan masing-masing satu orang.

Satu pasien covid-19 meninggal dunia berasal dari Wonosari berinisial AS (L/64th). Sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 tanggal 25 Agustus 2020 serta dirawat di RSUP dr. R Soeradji Tirtonegoro Klaten, dan tanggal 31 Agustus 2020 pasien AS meninggal dunia. (Sit)

BERITA REKOMENDASI