Ratusan Baliho Bakal Calon Bupati Terpasang

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Baliho dan spanduk para bakal calon bupati yang akan tampil dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 banyak ditemukan disejumlah wilayah. Pemasangan dilakukan dibeberapa tempat dengan berbagai ukuran. Terkait dengan temuan ini Bawaslu Sukoharjo belum bisa melakukan penindakan karena sekarang belum masuk tahapan kampanye dan penetapan resmi calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sukoharjo Rochmat Basuki, Jumat (20/12/2019) mengatakan, Bawaslu Sukoharjo dalam hal ini sudah melakukan pemantauan di semua wilayah di Sukoharjo. Hasilnya ditemukan ratusan baliho dan spanduk dengan berbagai ukuran berisi reklame para bakal calon bupati.

Petugas Bawaslu Sukoharjo saat melakukan pemantauan wilayah banyak menemukan pemasangan baliho dan spanduk para bakal calon bupati dibeberapa titik strategis. Seperti di jalan protokol dan sejumlah titik jalan lainnya.

Bawaslu Sukoharjo perlu melakukan pendataan guna mengetahui dititik mana saja ditemukan baliho dan spanduk para bakal calon bupati. Pemasangan dilakukan tidak hanya satu orang saja, namun beberapa orang bakal calon bupati.

“Ada tiga orang bakal calon bupati yang kami ketahui sudah memasang baliho dan spanduk siap maju Pilkada 2020. Sedangkan total keseluruhan ada ratusan baliho dan spanduk bakal calon bupati telah dipasang kami temukan disemua wilayah di Sukoharjo,” ujarnya.

Temuan pemasangan baliho dan spanduk tersebut masih dibiarkan oleh Bawaslu Sukoharjo. Petugas belum bisa memberikan penindakan karena belum masuk tahap kampanye. Selain itu juga belum ada penetapan calon dari KPU Sukoharjo.

“Pemasangan itu menurut regulasi belum menyalahi aturan. Belum masuk tahapan kampanye atau pemilihan. Kami secara regulasi baru bisa menindak apabila sudah masuk tahapan tersebut. Jadi Bawaslu Sukoharjo menyesuaikan dengan regulasi yang ada,” lanjutnya.

Rochmat menegaskan, apabila nanti tahapan Pilkada 2020 sudah berjalan maka aturan tegas akan ditegakan. Salah satunya berkaitan dengan penertiban terhadap keberadaan baliho dan spanduk bakal calon bupati. (Mam)

BERITA REKOMENDASI