Ratusan Orang Kerja Bakti Massal Bersihkan Masjid Agung

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Ratusan orang dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan anggota Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kerja bakti massal singkirkan sampah dan sisa material pembangunan di Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Jumat (22/12/2017). Aksi dilakukan secara sukarela sebagai bagian untuk mempercepat penyelesaian pembangunan sekaligus menunggu proses serahterima yang direncanakan pada akhir Desember ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji mengatakan, memimpin sendiri para ASN pada dinas yang dipimpinnya untuk membantu membersihkan sampah dan sisa material bangunan di Masjid Agung Baiturrahmah. Seratusan pegawai dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan.

Aksi dilakukan sukarela sebagai bentuk partisipasi masyarakat menyambut penyelesaian pembangunan. Setelah ini direncanakan akan dilakukan serahterima bangunan Masjid Agung Baiturrahmah dari pihak rekanan kepada Pemkab Sukoharjo.

“Dalam pembangunan pasti ada sisa baik itu sampah dan material. Jadi kami atas kesadaran sendiri membantu kerja bakti melakukan pembersihan. Sekaligus juga dalam rangka persiapan proses serahterima bangunan Masjid Agung Baiturrahmah. Setelah diserahkan maka bisa digunakan masyarakat,” ujar Suraji.

Jadwal serahterima direncanakan akan digelar pada 28 Desember mendatang. Waktu tersebut sudah diputuskan dan tinggal menunggu pelaksaan. “Sekarang tinggal sedikit hanya penyelesaian akhir saja. Jadi untuk mempercepat maka kami melakukan kerja bakti bersama,” lanjutnya.

Suraji mengatakan, selain melibatkan ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo juga melibatkan anggota PDPM dan Kokam Sukoharjo. PDPM Sukoharjo ikut terlibat juga atas kesadaran sendiri membantu pemerintah.

“Masyarakat juga bisa ikut terlibat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar masjid. Sebab rekanan pada dasarnya sudah mengerahkan pekerja untuk mempercepat penyelesaian pembangunan,” lanjutnya.

Ketua PDPM Sukoharjo Eko Pujiatmoko mengatakan, PDPM Sukoharjo selama ini ikut mengawal proses pembangunan Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo. Pembangunan sekarang hampir selesai tinggal melakukan penyelesaian akhir dan serahterima bangunan ke Pemkab Sukoharjo.

“Kami libatkan banyak anggota PDPM dan Kokam Sukoharjo membantu kerja bakti. Tujuannya untuk membersihkan sampah dan material supaya masjid cepat bersih,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI