Ratusan Personil Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekitar 500 orang lebih petugas dari tim gabungan dilibatkan dalam Operasi Lilin Candi 2018. Posko pengamanan dipusatkan ditiga tempat di Kecamatan Sukoharjo Kota, Kartasura dan Grogol sebagai wilayah paling rawan. Kesiapan semua personil dicek dalam apel bersama di halaman Setda Sukoharjo, Jumat (21/12/2018).

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, semua petugas dari tim gabungan sudah siap sepenuhnya dalam pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Personil yang terlibat nantinya akan disebar disejumlah tempat pengamanan dengan kosentrasi utama di tiga posko. Masing masing posko nanti akan dilengkapi berbagai petugas tidak hanya dari unsur aparat namun juga ormas, tenaga kesehatan, pramuka dan lainnya.

Sebanyak 500 orang lebih petugas dari tim gabungan yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru terbagi dari beberapa instansi. Seperti gabungan Polri dan TNI ada sebanyak 266 orang petugas. Mereka selama bertugas juga dilengkapi dengan senjata api.

"Saya dengan pak Dandim tadi memimpin apel Operasi Lilin Candi 2018 untuk melihat kesiapan personil dan semua sudah siap. Kami dari unsur Polri dan TNI bersinergi termasuk melibatkan instansi lain menjamin keamanan masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Kosentrasi pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru tidak hanya satu tempat saja di gereja, namun juga lainnya. Sebab titik massa menyebar disejumlah tempat seperti di jalan raya, pusat perbelanjaan dan hiburan. Tempat tersebut juga perlu dilakukan pengamanan agar selama kegiatan dapat berjalan lancar.

Adanya libur panjang memiliki pengaruh besar terhadap mobilitas masyarakat di luar rumah. Karena itu dikhawatirkan terjadi penumpukan massa dibeberapa tempat dan menimbulkan kerawanan terjadinya tindak kejahatan.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo menerjunkan sejumlah anggotanya dalam membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru. Para petugas disebar disejumlah wilayah bergabung dengan satuan lainnya. Selama bertugas mereka akan membantu memberikan jaminan keamanan masyarakat.

"Seperi halnya dari Polri kami jajaran TNI khususnya Kodim 0726 Sukoharjo ikut membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru. Petugas disebar di posko pengamanan dan sejumlah tempat. Jajaran TNI lainnya seperti Kopassus juga ikut membantu," ujarnya.

Sementara itu, usai apel gelar pasukan di halaman Setda Sukoharjo juga dilaksanakan pemusnahan minuman keras (miras) jenis ciu sebanyak 2.150 liter dengan cara dibuang ke saluran. Miras ciu tersebut merupakan hasil tangkapan petugas selama sebulan terakhir dalam operasi cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru. (Mam)

BERITA REKOMENDASI