Ratusan Petugas Gabungan Apel Siaga Bencana Alam

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo siaga dalam menghadapi berbagai bencana alam. Kesiapan ditunjukan dengan apel bersama ratusan petugas dan peralatan gabungan dari berbagai instansi. Kegiatan digelar di halaman kantor Pemkab Sukoharjo, Kamis (23/01/2020).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, saat ini banyak terjadi peristiwa bencana melanda diberbagai daerah di wilayah Indonesia berdampak pada kehilangan jiwa manusia, harta benda dan kerusakan prasarana dan sarana atau infrastruktur. Kerugian harta benda dan prasarana dapat mencapai jumlah yang sangat besar dan diperlukan dana cukup besar pula untuk pemulihannya.

Dari berbagai peristiwa bencana tersebut dapat diambil pelajaran dalam mengantisipasi ancaman bencana yang kemungkinan dapat terjadi di Sukoharjo. Antisipasi dilakukan mengingat sebagian wilayah di Sukoharjo merupakan rawan bencana alam.

Pada kesempatan apel bersama tersebut bupati menghimbau kepada seluruh peserta serta masyarakat terkait beberapa hal. Bupati melanjutkan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Jawa Tengah bawha puncak musim hujan pada Januari  Februari 2020, selain itu cuaca ekstrim masih akan terjadi pada Maret mendatang. “Apel siaga bencana ini dimaksudkan untuk menyikapi perkembangan kebencanaan akhir akhir ini serta prakiraan BMKG tersebut,” lanjutnya.

Dengan apel bersama bupati berharap semua petugas dari berbagai instansi siap dalam menghadapi bencana alam. Dalam setiap penanganan bencana alam agar selalu bersinergi dan koordinasi, mengingat bencana akan urusan bersama. Antisipasi dampak musim hujan serta banjir, tanah longsor dan angin kencang diperlukan untuk melindungi masyarakat dari berbagai bencana.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, Polres Sukoharjo sengaja membuka posko bencana alam khususnya dalam menghadapi kerawanan bencana alam saat musim hujan seperti sekarang. Ancaman bencana alam bisa datang kapan saja disemua wilayah, karena itu diperlukan kesiapsiagaan khususnya dari jajaran internal Polres Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI