Rawan Bencana Alam, Januari Curah Hujan Diperkirakan Meningkat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Curah hujan pada Januari hingga Februari mendatang diperkirakan terus mengalami peningkatan. Masyarakat diminta waspada karena dua bulan tersebut rawan terjadi bencana alam. Kondisi Sungai Bengawan Solo sesuai pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo saat ini masih aman namun tetap berpeluang jadi penyebab banjir.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto, Minggu (3/1/2020) mengatakan, kewaspadaan dini perlu ditingkatkan bersama baik BPBD Sukoharjo maupun masyarakat mengingat curah hujan pada Januari hingga Februari diperkirakan terus mengalami peningkatan. Perkiraan tersebut sesuai dengan informasi yang diterima BPBD Sukoharjo dari BMKG. Dalam dua bulan tersebut diperkirakan juga rawan terjadi bencana alam.

Kerawanan seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor tersebar disejumlah wilayah di Sukoharjo. Masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan seperti dekat sungai, pohon besar dan tebing untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Curah hujan pada Januari hingga Februari diperkirakan terus mengalami peningkatan. Kami minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan bencana alam seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI