Rawan Kemacetan, Dishub Sukoharjo Petakan Titik Keramaian Tahun Baru

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo petakan dua lokasi sebagai pusat keramaian selama perayaan malam tahun baru. Tempat tersebut yakni di Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo Kota dan Solo Baru, Grogol. Dilokasi tersebut akan dilakukan penjagaan ketat dan pengaturan lalu lintas kendaraan oleh petugas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indriyanto, Jumat (27/12/2019) mengatakan, dua lokasi sebagai pusat keramaian pada perayaan malam tahun baru sudah dipetakan. Titik tersebut sudah menjadi langganan rutin setiap tahun. Pemetaan dilakukan petugas sebagai bentuk antisipasi terjadinya masalah saat kegiatan berlangsung. Sebab baik di kawasan Alun Alun Satya Negara Sukoharjo Kota dan Solo Baru Grogol banyak didatangi warga masyarakat dan kendaraan dari berbagai arah.

Kondisi tersebut membuat kepadatan hingga kemacetan arus lalu lintas kendaraan. Petugas akan melakukan pengaturan baik di Alun Alun maupun di Solo Baru dengan pengalihan arus lalu lintas.

“Pusat keramaian saat perayaan malam tahun baru di Sukoharjo sudah rutin di Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo dan Solo Baru, Grogol. Disana ada pusat kegiatan berupa hiburan dan kembang api,” ujarnya.

Dishub Sukoharjo akan menerjunkan sejumlah petugas baik di lapangan maupun memantau melalui pusat kontrok di kantor. Petugas dilapangan akan membantu mengatur arus lalu lintas kendaraan agar tidak terjadi penumpukan.

Kendaraan tidak diperbolehkan berhenti dibeberapa titik larangan karena akan menjadi penyebab kemacetan. Masyarakat yang datang diwajibkan menempatkan kendaraan di kantong parkir.

Di pusat kota kantong parkir kendaraan disediakan Dishub Sukoharjo di halaman gedung budisasono, gedung DPRD dan gedung pusat promosi potensi daerah. Jalan Veteran juga akan ditutup petugas selama beberapa jam untuk memberi kesempatan masyarakat merayakan tahun baru di Alun Alun Satya Negara.

“Di kawasan Solo Baru, Grogol pusat keramaian perayaan tahun baru di bundaran patung pandawa. Akses jalan menuju kesana nanti akan dialihkan. Kendaraan diarahkan melalui jalur alternatif dan nanti akan diarahkan oleh petugas di lapangan,” lanjutnya.

Rambu petunjuk arah juga akan disiapkan petugas untuk dipasang dibeberapa titik. Hal itu untuk mempermudah masyarakat mengakses jalan selama ada penutupan kegiataan perayaan tahun baru. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI