Rehab Balai Desa Balerante Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

KLATEN (KRjogja.com) – Setelah sempat mangkrak selama dua tahun, gedung balai desa Balerante yang direhab dengan dana rehabilitasi dan rekonstruksi (RR), akhirnya pembangunanya kini dilanjutkan kembali.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR) BPBD Klaten Sri Purwanto, Kamis (15/12/2016) mengemukakan, macetnya pembangunan balai desa tersebut dikarenakan alokasi dana sebelumnya tidak mencukupi untuk pembangunan sampai finish. Pihaknya menjelaskan, tetap bertanggungjawab untuk melanjutkan pembangunan meskipun dengan alokasi dana di luar RR, sehingga gedung tersebut bisa dipakai untuk kegiatan kembali.

Sehubungan hal itu, untuk kelanjutan pembangunan balai desa Balerante dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun 2016. “Kendalanya dulu dana tidak cukup, tetapi kami tetap bertanggungjawab berusaha mencari alokasi dana yang lain. Akhirnya bisa ada alokasi dari APBD perubahan sekitar 70-an juta,” kata Sri Purwanto.

Terpisah Perangkat Desa Balerante Jainu menjelaskan, secara riil alokasi dana sebesar Rp 75 juta disalurkan secara utuh. Pengerjaan bangunan sudah berlangsung sekitar satu minggu. Yakni untuk pengerjaan rehab atap, dinding, lantai plafon, pengecatan serta pemasangan pintu dan jendela.

“Sempat mangkrak sejak tahun 2014. Kemarin ada kucuran dana lagi sebesar Rp 75 juta. Sekarang sedang pengerjaan lantai, semoga seminggu lagi telah selesai,” kata Jainu.

Balai Desa Balerante pasaca erupsi pernah direhab dengan dana RR. Hal itu dimaksudkan agar gedung lebih reprisentaif sejkaliigus bia untuk emanmpgun warga saat terjadi erupsi. Namund emikain, ternyata pemabngaun tidak maksimal, sehingga kondisi gedung justru berantakan, dan tidak bisa dimanfaatkan untuk kegiatan.

Sehubungan hal itu, selama dua tahun kegiatan yang melibatkan masa terpaksa harus dialihkan ke tempat lain. Biasanya pihak desa meminjam gedung SD yang tidak jauh dari kantor desa tersebut. Dengan dilanjutkanya pembangunan balai desa tersebut, diharapkan nanti kondisi akan lebih bagus, sehingga bisa dimanfatakan untuk berbagai kegiatan masyarakat. (Sit)

BERITA REKOMENDASI