Relawan Singkirkan Tawon Vespa Affinis di Tukuman

KLATEN, KRJOGJA.com – Warga Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi Kecamatan Cawas, Klaten was-was dengan adanya sarang tawon Vespa Affinis di kampung tersebut. 

Farlan Hartanto, Ketua BPD Desa Plosowangi Kamis (12/12) mengatakan, Tawon Vespa Affinis tersebut diketahui setelah menyengat seorang warga desa setempat bernama Wahyu. Selanjutnya warga melakukan penyisiran, dan berhasil menemukan sarang tawon Vespa Affinis di atap rumah milik Samino.

Korban sengatan tawon, Wahyu, akhirnya menghubungi Relawan Peduli Masyarakat (RPM) Desa Tulas, Karangdowo, Klaten. Para relawan segera melakukan eksekusi sarang tawon Vespa Affinis tersebut pada Rabu (11/12). 

Koordinator RPM, Santosa alias Joko Tahu mengatakan, RPM beranggotakan warga Desa Tulas, Karangdowo, Klaten. Mereka tergerak untuk membantu masyarakat karena adanya dampak bahaya dari sengatan tawon tersebut. Sudah lebih dari 200 sarang tawon yang tersebar di beberapa kecamatan yaitu Ceper, Pedan, Karangdowo, Trucuk, Cawas telah berhasil dieksekusi.

“Selain tawon kami juga melakukan eksekusi binatang liar berbahaya yang masuk kerumah warga diantaranya ular kobra,” kata Santosa. 

Lebih lanjut Joko Tahu mengungkapkan, siap membantu masyarakat yang melaporkan adanya sarang tawon Vespa Affinis. Kegiatan eksekusi sarang tawon, dilakukan pada malam hari, dan tanpa biaya sedikitpun. Komunitas tersebut hanya ingin membantu masyarakat, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat.

Korban sengatan tawon, Wahyu (36) mengucapkan terimakasih kepada para relawan. Ia berharap tidak akan ada lagi warga yang tersengat tawon Vespa Affinis. (Sit)

BERITA REKOMENDASI