Ribuan Orang Berebut Ikan di Gemblegan

KLATEN (KRjogja.com) – Ribuan warga tumpah ruah berebut 1 ton ikan di kolam  kas desa Gemblegan, Kecamatan kalikotes, Klaten Minggu (28/08/2016) dalam rangka  pesta rakyat panen ikan yang digelar setahun sekali.

Sejak pagi warga dari berbegai desa sudah berdatangan memadati seluruh sisi kolam ikan. Ketika tombol sirene dipencet wakil Bupati Klaten Sri Mulyani, dan suara sirene meraung-raung, ribuan warga langsung mencebur ke kolam. Mereka ada yang menangkap secara manual dengan tangan saja, ada yang membawa jala, ada juga yang membaw karung, bahkan sampai ada yang membawa kain untuk menjaring ikan yang sengaja ditebar dan diperebutkan di kolam dekat Balai Desa Gemblegan tersebut.

Ketua Panitia penyelenggara, Joko Pramono mengemukakan, pesta rakyat panen ikan tersebut sudah memasuki tahun ketiga. Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Selain itu juga untuk memberikan kebahagiaan bagi masyarakat.

Joko menjelaskan peserta pesta rakyat tidak dibatasi untuk warga Gemblegan saja, melainkan warga dari manapun  boleh ikit berebut ikan.“Sediaan ikan kita beli dari masyarakat Rp 18 per kilogram, karean tidak mencukupi kita beli tambahan dari Janti,” kata Joko Pramono.

Acara semakin seru karena dihibur dengan orjen tunggal, dengan sejumlah penyanyi yang membawakan lagu-lagu ceria. Di tengah serunya warga berebut menangkap ikan, tiba-tiba terdengar suara panitai yang juga menambah gegap gempita suasana. (Sit)

BERITA REKOMENDASI