Ribuan Pemuda Sukoharjo Siap Jaga Keutuhan NKRI

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Ribuan pemuda Sukoharjo mengikuti kegiatan Apel Pemuda Indonesia di Alun Alun Satya Negara, Rabu (14/12/2016). Apel digelar untuk memperkokoh kemajuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apel diikuti oleh semua organisasi kepemudaan di Kabupaten Sukoharjo. Mereka dalam apel tersebut diberikan kesempatan menampilkan kemampuannya dalam gelar potensi pemuda.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sukoharjo KMA Dina Putri Prihartini mengatakan, apel sengaja digelar sebagai bagian dari mengumpulkan dan menunjukan potensi pemuda. Para peserta diberi kesempatan tanpil baik pencak silat, paskibra, drum band dan lainnya.

Para pemuda diberi kesempatan tampil juga untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Pemuda kedepan memiliki peran sangat penting menjaga NKRI. “Peserta apel mulai dari pemuda yang masih usia sekolah, mahasiswa maupun sudah lulus bersatu tampil. Mereka bersatu tetap kompak menjaga keutuhan NKRI,” ujar Dina.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan kader tangguh bencana. Anggota merupakan para pemuda yang siap membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam.

Total ada 15 pemuda sudah dikukuhkan dan siap menjalankan tugas dengan posisi siaga di Posko DPD KNPI Sukoharjo. Para pemuda tersebut dipilih dan siap menjalankan tugas.

“Pemuda kader tangguh bencana sengaja dikukuhkan karena melihat pentingnya peran mereka. Apalagi di Sukoharjo sekarang sering terjadi bencana alam seperti banjir,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah pemuda untuk menggelar apel bersama. Ribuan orang hadir dan satu suara untuk membantu pemerintah melaksanakan pembangunan.

Pemerintahan yang berjalan lancar dengan dibantu para pemuda diharapkan bisa menghasilkan pelayanan maskimal pada masyarakat. Selain itu pemuda juga memiliki peran penting sebagai penerus bangsa. “Para pemuda diharapkan seiring sejalan dengan pemerintah memajukan bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI,” ujar Wardoyo Wijaya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI