Ribuan Petani Klaten Serbu Pupuk Murah

Editor: Ivan Aditya

KLATEN (KRjogja.com) – Ribuan petani menyerbu pasar murah pupuk non subsidi yang digelar Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani di halaman Kantor Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Sabtu (05/11/2016). Petani menebus pupuk itu seharga Rp 40.000 per sak.

Dalam kegiatan pasar murah pupuk non subsidi tersebut Endang menggandeng PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri). Total ada sebanyak 1.000 sak pupuk non subsidi yang disediakan untuk petani di tiga kecamatan, yakni Polanharjo, Karanganom dan Tulung.

“Setiap petani dibatasi hanya diperbolehkan membeli satu sak pupuk dengan harga Rp 40.000 per sak. Kenapa pupuk ini dijual murah, karena saya ingin membantu meringankan beban petani,” kata Endang yang ikut memantau pasar murah.

Dijelaskan, dari hasil penjualan pupuk non subsidi tersebut nantinya diperuntukkan membantu mencukupi kebutuhan sarana prasarana peribadatan masyarakat dan kebutuhan lainnya. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Pusri, Bob Indiarto, menambahkan, petani tak perlu khawatir pupuk langka. Sebab sampai saat ini ketersediaan pupuk di Jawa Tengah masih mencukupi.

Sementara itu selain di Kabupaten Klaten, sasaran pasar murah pupuk non subsidi tersebut juga digelar di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta. (R-9)

BERITA REKOMENDASI