Ribuan Surat Suara KPU Klaten Mulai Disortir

KLATEN, KRJOGJA.com – KPU Kabupaten Klaten mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara. Surat suara yang harus disortir sebanyak 988.344 lembar. Melibatkan 50 orang tenaga sortir, dan direncanakan sudah selesai dalam waktu empat atau lima hari.

“Target 4 hari selesai, maksimal 5 hari. Dengan asumsi 50 orang setiap hari dapat menyelesaikan 2 sampai 3 dos. Satu dos isi 2.000. Artinya setiap orang bisa 4 ribu hingga 6 ribu surat suara per hari,” kata Komisioner KPU Klaten, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsul Huda, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut Samsul Huda menjelaskan, sortir dan pelipatan telah dimulai Selasa, berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Salah seorang petugas sortir dan pelipatan surat suara, Ayu dari Damaran, Klaten Selatan, mengatakan, ia baru pertama kali ikut kegiatan sortir dan pelipatan suarat suara tersebut. Pekerjaan itu dilakukan secara borongan, yakni Rp 50 per lembar surat suara.

Untuk pengesetan kotak suara, Samsul Huda mengatakan masih menunggu gudang agak lega, karena saat ini masih terisi penuh dengan logistik APD. “Minggu ini APD sudah mulai droping ke kecamatan. Nanti kalau tempat sudah agak lega, pengesetan kotak suara baru dimulai,” jelas Samsul Huda pula.

BERITA REKOMENDASI