Ribuan Warga Klaten ‘Kembul Bujono’ Bareng Ganjar

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Ribuan masyarakat Kabupaten Klaten mengikuti sarapan bareng bersama Ganjar Pranowo dan Bupati Klaten Sri Mulyani dalam acara festival kuliner tradisional di Alun-alun Klaten, Minggu (17/6/2018). Sarapan itu dikemas dengan konsep kembul bujono menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Kegiatan festival kuliner tradisional digelar oleh paguyuban pedagang kaki lima (PKL) seputaran Alun-alun Klaten dan didukung oleh paguyuban warga Klaten yang merantau di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Ketua Panitia Pelaksana, Eko Wily, mengatakan, kegiatan festival kuliner tahun 2018 merupakan yang kedua setelah kegiatan yang sama pada 2017. Setidak ada 400-an stand kuliner ikut meramaikan acara festival. Kegiatan dibuka dengan kembul bujono yang diikuti ribuan masyarakat Klaten.

"Festival kuliner merupakan swadaya masyarakat. Tujuannya memberdayakan koperasi dan pelaku usaha mikro menengah (UKM). Sekaligus menjamu warga pemudik. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin memperkokoh persatuan dan gotong-royong," ujarnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengapresiasi kegiatan festival kuliner tradisional yang diselenggarakan para PKL. Pihaknya berharap kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan. "Acara ini (festival kuliner) luar biasa, sudah dua kali dan sukses. Semoga PKL tambah laris manis," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo mengatakan, kegiatan festival kuliner di Klaten patut diapresiasi. Ada dua hal yang bisa diambil dari kegiatan itu, yakni sebagai promosi wisata dan membangun tali silaturahmi masyarakat. "Saya melihat suasananya menyenangkan. Keterlibatan pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat jadi satu bisa duduk bareng," ujarnya.(Lia)

BERITA REKOMENDASI