Rombongan Pertama Calhaj Jateng – DIY Siap Berangkat

BOYOLALI (KRjogja.com) – Sebanyak 720 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten tegal tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (8/8/2016) petang.  Rombongan yang tergabung dalam Kelompok terbang (kloter) 1 dan 2 tersebut akan menjadi kelompok pertama asal Jateng dan DIY yang akan diberangkatkan ke tanah suci melalui embarkasi Solo.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Solo, Agus Widakdo menjelaskan, total jumlah calhaj asal Jawa Tengah dan Daerar Istimewa Yogyakarta (DIY) sebanyak 26.561 jamaah, dimana sebanyak 23.717 jamaah berasal dari Jateng dan sisanya sebanyak 2.474 berasal dari DIY. Pemberangkatan rombongan pertama sebanyak 720 jamaah asal tegal yang terbagi dalam dua kloter, masing-masing kloter terdiri dari 360 jamaah, akan dilakukan pada Selasa (9/8/2016) pukul 16.40.

“Kloter oertama akan mendarat di Madinah, Arab Saudi. Sedang kloter kedua akan mendarat di Jeddah. Perbedaan lokasi pendaratan ini untuk memudahkan administrasi dan sebagainya,” kata Agus.

Meski sudah akan memberangkatkan rombongan pertama, diakui Agus, masih ada visa calhaj asal Jateng – DIY yang sampai ini belum terbit. Dari hasil rapat koordinasi terakhir, dari total sebanyak 26.561 bisa untuk para calhaj, sampai saat ini baru 17.077 visa yang sudah jadi. Sementara sisanya sebanyak 9.004 visa untuk calhaj asal Jateng dan 120 visa calhaj dari DIY belum terbit.

Sampai saat ini, pihaknya masih terus mengupayakan agar masalah visa tersebut cepat kelar. “Kita sudah kirim semua passport calhaj dan persyaratan lain sesuai mekanisme di Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk penerbitan visa,” terangnya. (M-9)

BERITA REKOMENDASI