RSCH Klaten Kebanjiran Pemohon Surat Sehat

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten kebanjiran pemohon surat keterangan sehat sebagai pelengkap Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) di masa kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama RSCH Klaten , Netty Herawati mengatakan dalam menyambut new normal, RSCH memberikan layanan salah satunya menyediakan surat keterangan sehat. Sedangkan untuk mendapatkan surat keterangan sehat harus menjalani pemeriksaan awal dengan rapid test.

“Orang yang sudah menggunakan SIKM itu sendiri ternyata pakai rapid test pun juga sudah bisa dipakai. Kami per 1 Juni 2020 membuka untuk rapid test, tapi ternyata banyak yang minta rapid test sejak 30 Mei 2020. Selama empat hari ini sudah ada 57 pemohon rapid test,” ujar Netty, Selasa (02/06/2020).

Dijelaskan, mayoritas pemohon rapid test merupakan masyarakat Klaten. Dari 57 pemohon rapid test tersebut satu diantaranya menunjukkan reaktif. Hasil rapid test sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Klaten. RSCH mematok biaya rapid test sebesar Rp 350.000.

“Surat yang kita keluarkan ada tiga yakni surat sehat, surat hasil rapid test, dan hasil screening. Ketiga surat ini yang dibutuhkan untuk bepergian atau perjalanan. Kami mengimbau masyarakat untuk menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI