RSCH Luncurkan Gerakan Karyawan Peduli

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Masyarakat Kabupaten Klaten bisa mendapatkan konsultasi kesehatan secara mudah dan gratis. Mereka tidak perlu ke rumah sakit, melainkan cukup datang di di rumah 111 karyawan Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) yang tersebar di seluruh pelosok Klaten dan sekitarnya.

Direktur Umum, Administrasi  dan Keuangan RSCH Made Sumiarta kepada KRjogja.com Selasa (9/5/2017) mengemukakan, pelayanan tersebut masuk dalam salah salah satu kegiatan program gerakan karyawan peduli. “Ini kami canangkan pada pertengahan April kemarin, dan sekarang sudah 111 karyawan yang mendaftar untuk memberikan layanan sosial tersebut,” kata Made Sumiarta.

Lebih lanjut Made Sumiarta menjelaskan, gerakan karyawan peduli tersebut dalam rangka mempercepat upaya mewujudkan Klaten sehat, yang telah dicanangkan beberapa tahun sebelumnya. Selain memberikan layanan konsultasi kesehatan gratis, masyarakat juga bisa menanyakan berbagai hal terkait penggunaan kartu asuransi baik itu BPJS maupun asuransi swasta, prosedur laynan operasi dan lain-lain.

Bahkan masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran di rumah karyawan yang memasang spanduk gerakan karyawan peduli. Dengan demikian tidak perlu berlama-lama antri di rumah sakit. “Sebenarnya bisa mendaftar secara online juga, tetapi kan belum semua warga paham IT. Dengan adanya gerakan karyawan peduli, pelayanan kesehatan akan semakin mudah. Pasien tinggal datang saat jam pemeriksaan saja,” jelas Made Sumiarta.

Menurut Made Sumiarta, gerakan karyawan peduli untuk menunjang program Klaten Sehat. Ada empat unit kegiatan yang disasar oleh program Klaten sehat tersebut. Yakni kampung sehat, pasar sehat, sekolah sehat, dan karyawan sehat. Dari empat unit ini diharapkan telah bisa menjangkau seluruh masyarakat Klaten.

Jenis kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan /pendidikan kesehatan, pengobatan gratis, dan juga pemberian gizi tambahan bagi anak-anak.Di sisi lain juga ada layanan antar jemput gratis untuk pasien rawat inap dan kedaruratan.

Dengan berbagai program kegiatan sosial tersebut, Made Sumiarta berharap akan terjadi percepatan terwujudnya Klaten sehat, yang telah dicanangkan RSCH sejak tahun 2013 lalu. (Sit)

BERITA REKOMENDASI