RSIS Pabelan Kartasura Mulai Layani Kesehatan Masyarakat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com –  Launching pembukaan pelayanan kesehatan dilakukan Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) Pabelan, Kartasura, Rabu (13/11). Kegiatan digelar setelah semua persyaratan izin lengkap. Dibukanya kembali rumah sakit membuat masyarakat lega termasuk para karyawan. 

Ketua Pengurus Yarsis Zaenal Mustaqim mengatakan, pelayanan kesehatan RSIS Pabelan, Kartasura sudah sangat lama dinanti. Hal itu terlihat dengan besarnya dukungan dari sejumlah pihak. Dibukanya kembali pelayanan kesehatan di RSIS Pabelan, Kartasura membuat lega Yarsis. Termasuk para dokter dan ratusan karyawan yang kini bekerja kembali.

RSIS Pabelan, Kartasura sebelum membuka pelayanan kesehatan telah memenuhi semua izin yang dibutuhkan. Perizinan tersebut telah keluar akhir Oktober lalu melalui Online Single Submission (OSS) dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo. Selain itu juga diperkuat rekomendasi izin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.

Sejak keluar izin hingga sekarang sudah banyak masyarakat datang meminta pelayanan kesehatan. Beberapa pasien bahkan melakukan rawat inap dan mendapat penanganan medis dari RSIS Pabelan, Kartasura.

"Sebagai bentuk wujud syukur Yarsis maka membuka kembali pelayanan kesehatan RSIS Pabelan, Kartasura. Semua izin sudah kami miliki dan masyarakat bisa berobat kesini baik rawat jalan atau inap," ujarnya.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan RSIS Pabelan, Kartasura juga melengkapi diri dengan kebutuhan peralatan. Pemenuhan tersebut diharapkan bisa mempercepat dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

"Kedepan RSIS Pabelan, Kartasura akan menambah pelayanan kesehatan pada masyarakat melalui BPJS. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu dilakukan akreditasi terlebih dahulu dan proses itu sedang kami lakukan. Yarsis akan mempercepat proses tersebut," lanjutnya.

RSIS Pabelan, Kartasura menyediakan 13 layanan kesehatan pada masyarakat seperti spesialis penyakit dalam, syaraf, paru, THT, mata dan lainnya. Serta tiga layanan unggulan seperti Cryo Surgery, bedah torax dan Kardiovascular, Knee sport injury center juga tiga spesialis bedah umum, anak, orthopedi. 

Ketua Pengawas Yayasan Rumah Sakit Islam Surakarta (Yarsis) Muhammad As’ad, mengatakan, proses terakhir untuk menunggu izin operasional RSIS Pabelan, Kartasura akhirnya terwujud. Izin operasional sudah turun pada Rabu (23/10)  sore. Selain itu SIP dokter dan tenaga medis lainnya juga turun pada Kamis (24/10) siang. Turunnya izin tersebut membuat lega pihak Yarsis yang telah lama menunggu untuk mengoperasionalkan kembali RSIS Pabelan, Kartasura. (Mam)

BERITA REKOMENDASI