Rusa di Rumah Bupati Boyolali Beranak Pinak

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jumlah rusa totol di Komplek Rumah Dinas Bupati Boyolali, yang juga difungsikan sebagai taman terbuka hijau, terus bertambah. Rusatersebut adalah hibah dari Istana Kepresidenan Bogor.

Awalnya, istana menghibahkan sebanyak enam rusa, terdiri atas dua pejantan dan empat betina. Namun karena sudah beranak pinak, kini jumlah rusanya bertambah menjadi delapan ekor, setelah pada Rabu (24/01/2018), satu ekor anak rusa kembali lahir. 

"Sebenarnya betinanya sudah tiga kali melahirkan, namun ada yang mati satu ekor," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Totok Eko, Jumat (26/1). 

Menurut Totok penempatan rusa di komplek rumah Bupati, selain untuk konservasi, juga untuk sarana edukasi dan rekreasi masyarakat yang ingin melihat rusa. Terlebih kondisinya cukup kondusif, sebab kawasan di sekitar rumah dinas bupati dibuat sebagai ruang terbuka hijau yang rimbun.  Untuk aspek kesehatan, diawasi oleh tim kesehatan hewan OPD. 

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Juwaris, menambahkan, selain koleksi rusa, rencananya juga akan ditambah koleksi fauna lain, yakni berbagai jenis burung. Satu buah dome atau kubah raksasa yang akan menjadi lokasi sangkar burung serta sebuah sangkar karantina untuk burung yang sakit sudah dipersiapkan. (Gal)

BERITA REKOMENDASI