Rusak Parah, Jalan di Sepanjang WKO Akhirnya Diperbaiki

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jalan penghubung dari wilayah Boyolali dari Kecamatan Wonosegoro menuju ke arah Grobogan dan Sragen yang menyisir Waduk Kedung Ombo (WKO) saat ini mulai diperbaiki setelah cukup lama dalam kondisi rusak. Proyek perbaikan jalan sejauh 23,4 km tersebut dikerjakan menggunakan dana dari APBN senilai Rp 13,3 miliar.  

Pejabat Pelaksana Komitmen (PPK) Kartosuro-Surakarta Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jawa Tengah, Marjono menjelaskan, pelaksanaan perbaikan jalan tersebut yang saat ini kondisinya sudah cukup parah tersebut mencakup tiga wilayah kabupaten, yakni Boyolali, Sragen dan Grobogan.  

Untuk tahap awal, pengerjaan proyek akan melihat memetakan kondisi jalan, termauk tingkat kerusakan ruas jalan. Di beberapa ruas, terdapat rekaha-rekahan dan pengelupasan jalan naun level kerusakannya berbeda-beda.

"Misal di wilayah Juwangi, ada jalan yang masih bagus sehingga pengerjaan jalan hanya perbaikan bahu jalan dan marka saja," jelasnya pekan lalu. Saat ini, tahap pengerjaan ruas jalan yang rusak dalam tahap pengerjaan leveling atau perbaikan lapisan jalan dan pada tahap akhir nanti seluruh ruas jalan akan dilapisi aspal.  

Tardi, salah satu warga Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu mengatakan, akses jalan tersebut merupakan salah satu akses utama dari wilayah desanya untuk menuju Juwangi hingga ke Grobogan dan Sragen. Seingatnya, pengaspalan ruas jalan tersebut terakhir dilakukan tahun tahun 1988 bersamaan dengan peresmian WKO. Sayangnya, setelah itu jalur tersebut tak tersentuh perbaikan atau perawatan sehingga kondisinya rusak cukup parah. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI