Sakit Hati Diceraikan, Suami Nekat Racuni Isteri

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo menangkap pelaku pencurian dan perusakan serta percobaan pembunuhan di wilayah Kecamatan Grogol. Polisi berhasil mengamankan pelaku serta barang bukti kejahatan. Pelaku merupakan suami dari korban yang sekarang dalam proses perceraian.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Rabu (15/12/2021) mengatakan pelaku yakni Totok Hananto atau TH (26) warga Desa Gentan Kecamatan Baki. Sedangkan korban Fitri Agustina (23) warga Desa Gentan Kecamatan Baki. Keduanya merupakan pasangan suami isteri yang sekarang masih dalam proses cerai di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Kronologis kejadian bermula pada Minggu (05/12/2021) sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di halaman parkir GOR Desa Cemani, Kecamatan Grogol korban memarkirkan sepeda motor Honda Beat nopol AD 3868 AFB warna hitam tanpa dikunci stang. Sekitar 40 menit kemudian korban kembali ke lokasi parkir namun tidak menemukan sepeda motornya. Korban menanyakan ke petugas parkir juga tidak mengetahuinya.

Pada hari Rabu (08/12/2021) sekitar pukul 09.00 WIB saksi menemukan sepeda motor bekas terbakar dengan ciri-ciri sama dengan milik korban di bantaran tanggul Sungai Bengawan Solo di Dukuh Pandeyan, Desa Pandeyan, Kecamatan Grogol. Polsek Grogol yang mendapat informasi tersebut melakukan olah tempat kejadian perkara. Hasil pemeriksaan melalui nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan tersebut identik dengan kasus kejadian kehilangan sepeda motor korban.

Polisi langsung melakukan penyelidikan dan pada Rabu (08/12/2021) sekitar pukul 23.00 WIB telah mengamankan TH di wilayah Dukuh Gambiran, Desa Cemani, Kecamatan Grogol. Hasil pemeriksaan diketahui TH merupakan pelaku pencurian dan perusakan dengan cara membakar sepeda motor korban.

Pelaku mengambil sepeda motor korban dengan menggunakan kunci cadangan yang telah disiapkan. TH mendapat kunci cadangan tersebut sekitar bulan September 2021 dari dalam almari korban. Pelaku membakar sepeda motor korban sekitar pukul 19.00 WIB dengan cara menyiramkan bahan bakar minyak yang sudah disiapkan dari rumah.

Pelaku TH melakukan aksi kejahatannya mencuri dan membakar sepeda motor korban karena sakit hati. Sebab antara pelaku dan korban merupakan pasangan suami isteri yang sekarang dalam proses gugatan perceraian di Pengadilan Agama Sukoharjo. “Pelaku mempunyai niat membakar sepeda motor korban karena pelaku bingung akan menjual kemana kendaraan tersebut,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan juga diketahui pelaku melakukan perbuatan kejahatan lain pada Sabtu (13/12/2021) berupa percobaan pembunuhan kepada korban beserta keluarganya yakni ayah dan ibunya dan anaknya dengan cara mencampurkan racun serangga ke dalam botol minuman, kendi dan tempat minuman di dalam rumah korban. Dalam kejadian tersebut korban beserta keluarganya selamat dan tidak sampai menjadi korban setelah mengetahui ada yang tidak beres dalam minuman di rumah.

Barang bukti yang diamankan dalam kasus tersebut seperti satu buah STNK, satu buah BPKB, satu buah kunci sepeda motor, satu lembar karcis parkir, satu unit sepeda motor korban yang terbakar dan satu unit sepeda motor sarana pelaku. Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 362 KUHP dan Pasal 406 KUHP dengan ancaman penjara paling lama lima tahun. (Mam)

BERITA REKOMENDASI