Saluran Air di Bulakrejo Dikeruk

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Saluran air disepanjang Jalan Raya Solo – Wonogiri di wilayah Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan Sukoharjo Kota dikeruk. Pengerukan dilakukan sebagai pengananan masalah banjir di perkampungan. Selain itu juga untuk antisipasi banjir di kawasan citywalk di Jalan Jenderal Sudirman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Jumat (16/06/2017) mengatakan, ide awal pengerukan muncul dari masyarakat sekitar karena rumah warga sering banjir saat hujan deras turun. Warga kemudian mengajukan permohonan ke Pemkab Sukoharjo untuk melakukan kerja bakti berupa pengerukan sedimentasi secara manual.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo kemudian membantu melakukan pengerukan dengan menggunakan alat berat. Keberadaan alat berat dapat mempercepat pengerukan mengingat sedimentasi di saluran air di Jalan Raya Solo – Wonogiri di Bulakrejo, Sukoharjo sangat parah.

“Tahun 2017 ini baru sebatas pengerukan saja untuk mengurangi sedimentasi yang parah. Sedangkan tahun depan 2018 akan dilakukan pembangunan talud sekaligus pemasangan mesin pompa air untuk penyedotan,” ujar Suraji.

Banjir di perkampungan di wilayah Bulakrejo, Sukoharjo terjadi karena faktor kondisi saluran air karena sedimentasi sangat parah dan buangan air juga tidak lancar. Melihat kondisi di lapangan maka Pemkab Sukoharjo berusaha membantu dengan sekaligus pembangunan talud dan pemasangan mesin pompa air.

Dalam pengerukan petugas juga sekaligus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak membangun bangunan di atas saluran air. “Pada saat saluran air dibangun para pedagang yang biasa berjualan kami minta untuk menyingkirkan barangnya,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI