Sandiaga Dorong Angkringan Jadi Ikon Kuliner

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno, berjanji akan mendorong pengembangan hidangan istimewa Klaten (HIK) atau angkringan sebagai ikon kuliner Indonesia. Pihaknya memberi kesempatan bagi Badan Ekonomi Kreatif untuk bekerjasama sehingga diharapkan angkringan bisa mendunia.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno saat menjawab pertanyaan Komunitas Angkringan Pendukung Prabowo – Sandi (Kappas) di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Sabtu (29/12/2018). Menurut Sandi, angkringan merupakan potensi usaha yang luar biasa dan kuliner khas Klaten.

Sandiaga Uno mengatakan, ekonomi kreatif di Indonesia akan tumbuh dari 9% menjadi 15% pada lima sampai sepuluh tahun kedepan. Sementara ekonomi kreatif saat ini didominasi oleh kuliner sebesar lebih dari 30%.

"Saya ingin mendorong agar angkringan ini mudah-mudahan bisa menjadi ikon. Kita beri kesempatan bagi Badan Ekonomi Kreatif untuk bekerjasama. Sehingga (angkringan) bukan hanya di Jawa Tengah, namun bisa menasional dan suatu saat bisa kita bawa juga ke luar negeri," ujarnya.

Salah satu pedagang angkringan dari Kappas, Ahmad Rendi (37), asal Klaten, mengatakan, pihaknya ingin angkringan diangkat sebagai ikon kuliner nasional. Pihaknya juga berharap kepada Prabowo – Sandi, jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, agar memperhatikan kesejahteraan pedagang angkringan.

"Dari segi permodalan, kita juga (ingin) dipermudah, karena kami dari awal selalu berjuang sendiri. Padahal angkringan itu salah satu pilar ekonomi kerakyatan yang bertahan sejak krisis ekonomi sampai sekarang. Sedangkan perhatian pemerintah saat ini masih kurang," ujarnya. (Lia/Sit)

BERITA REKOMENDASI