Santap Menu Bukber, Puluhan Orang Keracunan

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Puluhan peserta buka bersama (bukber) yang digelar sebuah perguruan bela diri di Desa Kadipaten, Kecamatan Andong, Rabu (21/06/2017) petang kemarin, mengalami keracunan. Gejala keracunan tersebut baru dirasakan peserta bukber sehari setelah kegiatan, sehingga pada Kamis (22/06/2017) sore, puluhan penderita keracunan dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas untuk mendapat penanganan medis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Boyolali, Sherly Jeanne Kilapong, Jumat (23/06/2017) mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan dengan mengambil beberapa sampel makanan yang digunakan untuk bukber untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium. Dugaan awal, penyebab keracunan berasal dari menu es buah, sebab setelah mengumpulkan keterangan para korban, sebagian besar dari mereka mengkonsumsinya. “Tapi ada juga yang tak mengkonsumsinya tapi tak keracunan. Untuk kepastiannya masih menunggu hasil uji laboratorium,” terangnya.

Dipaparkannya, setelah mengikuti acara bukber pada Rabu sore, rata-rata para korban keracunan mulai merasakan gejala setelah sekitar 12 jam pasca menyantap makanan. Pada Kamis pagi, beberapa korban mulai merasakan gejala keracunan seperti nyeri perut, diare dan muntah.  Pada Kamis sore, puluhan korban keracunan pun diboyong ke berbagai fasilitas medis terdekat.

Berdasarkan pendataan pada Kamis malam, lanjutnya, sebanyak 22 orang keracunan dirawat di Puskesmas Andong, sebanyak 88 orang di RSUD Waras Wiris, dan empat orang ditangani di Puskesmas Kemusu. Rata-rata korban keracunan menderita dehidrasi sehingga mesti diinfus. Namun saat ini, kondisi sebagian besar korban keracunan sudah membaik dan sudah diperbolehkan pulang.

Kapolsek Andong AKP Suwardiyono menambahkan, di acara bukber tersebut yang diundang sekitar 200 orang. Dari hampir seratusan korban keracunan, saat ini sebagian besar sudah membaik. Sementara hingga Kamis siang, yang masih menjalani opname tinggal 44 orang, yakni 21 orang di RSUD Waras Wiris dam 19 orang di Puskesmas Andong. (R-11)

BERITA REKOMENDASI