Sasar Pekerja Industri, Pengisian Dua Blok Kosong Rusunawa Joho Diharapkan Segera Rampung

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo berharap dua blok kosong di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Joho, Sukoharjo bisa segera terisi tahun 2022 mendatang. Hal tersebut menunggu ekonomi bangkit dengan bertambahnya pekerja disektor industri serta kembali normalnya usaha. Sebab pandemi virus Corona sangat berpengaruh pada penurunan jumlah pekerja industri setelah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Pengisian Rusunawa Joho Sukoharjo dari warga Kabupaten Sukoharjo memiliki banyak kendala. Salah satunya kurang minatnya warga Kabupaten Sukoharjo tinggal di Rusunawa Joho Sukoharjo dan lebih memilih tinggal di rumah perkampungan karena memiliki halaman luas atau membeli perumahan.

Kepala DPKP Sukoharjo Suraji, Minggu (5/12/2021) mengatakan, blok E dan F Rusunawa Joho Sukoharjo sejak September hingga awal Desember ini masih kosong. Pengisian belum maksimal meski sudah dilakukan penawaran pada masyarakat.

“Terus kami tawarkan pada masyarakat termasuk ke pelaku usaha dan industri. Tapi karena kondisi masih pandemi virus Corona dan berdampak pada perekonomian maka pengisian dua blok kosong belum maksimal. Kami harap tahun 2022 mendatang bisa maksimal,” ujarnya.

DPKP Sukoharjo menunggu tahun 2022 sambil melihat perkembangan pandemi virus Corona. Hal yang paling ditunggu yakni bangkitnya ekonomi tahun depan dengan pulihnya pelaku usaha dan industri. Pemulihan industri akan ditunjukan dengan adanya penambahan pekerja.

Penambahan pekerja pada sektor industri sangat ditunggu DPKP Sukoharjo. Sebab merekalah yang akan menghuni Rusunawa Joho Sukoharjo seperti pengisian sebelumnya.

Blok E dan F Rusunawa Joho Sukoharjo sebelumnya terisi penuh oleh pekerja industri. Namun karena pandemi virus Corona berdampak pada lesunya industri dan membuat para pekerja terkena PHK.

“Sasarannya memang kebanyakan pekerja. Sebab para pekerja itu perantau dari luar daerah yang bekerja di industri di Sukoharjo. Pekerja ini butuh tempat tinggal dan sudah tersedia Rusunawa Joho Sukoharjo,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI