Sat Pol PP Sukoharjo Gelar Operasi Masker di Perbatasan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tim gabungan kembali melakukan operasi masker di wilayah perbatasan, Kamis (15/10/2020). Dua titik dipilih di Balai Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura berbatasan dengan Kota Solo dan Balai Desa Sraten, Kecamatan Gatak berbatasan dengan Kabupaten Klaten.

Hasilnya total sebanyak 98 orang terjaring karena tidak memakai masker. Pelaku pelanggaran protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona mayoritas beralasan lupa.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, Wardino, mengatakan, tim gabungan yang terlibat dalam operasi masker selain Satpol PP juga berasal dari Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo. Kegiatan kali ini dilakukan dengan mengambil lokasi di wilayah perbatasan dengan kabupaten dan kota lain.

Titik perbatasan dipilih karena menjadi pintu keluar masuk dan tingginya pergerakan aktivitas masyarakat antar daerah. Kondisi tersebut dikhawatirkan terjadi banyak pelanggaran tidak memakai masker.

Operasi masker digelar di Balai Desa Sraten, Kecamatan Gatak menemukan sebanyak 41 orang pelaku pelanggaran tidak memakai masker. Sedangkan di Balai Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura temuan pelaku pelanggaran lebih banyak lagi 57 orang. Petugas menemukan pelanggaran tidak memakai masker tersebut terhadap warga yang melintas baik menggunakan sepeda motor maupun mobil.

“Dilihat dari jumlah temuan pelanggaran tidak memakai masker terus menurun dibanding sebelumnya. Itu menandakan sudah adanya kesadaran masyarakat memakai masker saat diluar rumah. Meski demikian tetap saja ada temuan pelanggaran dan kedepan kami harap tidak ada lagi temuan pelanggaran,” ujarnya.

Pelaku pelanggaran saat dimintai keterangan oleh petugas mengaku beralasan lupa tidak memakai masker. Petugas dengan pengakuan pelaku pelanggaran tersebut memberikan pembinaan agar tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Antisipasi dilakukan agar jangan sampai ada penularan virus corona dari pendatang masuk ke Sukoharjo karena tidak memakai masker,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI