Sat Pol PP Tertibkan Penambangan Batu Putih

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sukoharjo melakukan penertiban terhadap praktek penambangan batu putih di Desa Karanganyar, Krajan dan Jatingaran, Kecamatan Weru, Rabu (31/08/2016). Petugas mendatangi lokasi setelah mendapat keluhan dari masyarakat setelah ada pencemaran limbah hingga merusak sawah.

Kepala Sat Pol PP Sukoharjo, Sutarmo mengatakan, petugas mendatangi lokasi penambangan batu putih dengan maksud melakukan penertiban sekaligus pembinaan. Setelah dicek ternyata ada penambahan jumlah penambangan batu putih dari semula empat lokasi sekarang menjadi tujuh. “Penertiban kami lakukan secara gabungan baik dari Satpol PP Sukoharjo maupun petugas dari Gunungkidul Yogyakarta,” ujar Sutarmo.

Penertiban gabungan dilakukan karena diketahui ada usaha penambangan batu putih di dua lokasi yakni di Kecamatan Weru, Sukoharjo Jawa Tengah dan Gunungkidul DIY. Penambangan terbesar berada di wilayah Gunungkidul DIY sebanyak 44 perajin. Keberadaan penambangan tersebut sudah sangat lama dan turun temurun.

Dalam penertiban tersebut petugas Satpol PP Sukoharjo meminta kepada para penambang batu putih untuk mengurus semua perizinan, termasuk juga melarang membuang limbah penambangan batu putih secara sembarangan. Terkait perizinan nantinya para penambang harus mengurus ke bagian ESDM Provinsi Jawa Tengah. Hal itu dilakukan karena kepengurusan perizinan penambangan sekarang sudah ditangani pihak provinsi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI