Satlantas Polres Sukoharjo Pasang Satu Unit ETLE di Simpang Kejaksaan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satlantas Polres Sukoharjo mengoperasikan satu unit kamera CCTV Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di simpang Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo terhitung sejak 22 Maret. Sistem tilang elektronik mulai diterapkan bagi pelaku pelanggar lalu lintas. Hasil ETLE sejak kali pertama dioperasikan 22 Maret hingga sekarang sudah ada belasan orang pelanggar lalu lintas.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas melalui Kaur Bin Ops Satlantas Polres Sukoharjo Iptu Prasetyo, Jumat (26/03/2021) mengatakan, Polres Sukoharjo baru mengoperasionalkan satu ETLE terpasang di simpang Kejari Sukoharjo. Operasional resmi dilakukan pada 22 Maret lalu hingga sekarang.

ETLE tersebut akan merekam semua aktivitas kendaraan yang melintas di simpang Kejari Sukoharjo. Kamera ETLE yang dipasang Polres Sukoharjo bisa memutar 360 derajat dan mampu merekam para pelanggar lalu lintas hingga jarak 100 meter.

Titik lokasi pemasangan di simpang Kejari Sukoharjo dipilih karena berada di tengah kota dan arus lalu lintas kendaraan sangat padat. Kondisi tersebut rawan terjadi pelanggaran lalu lintas. Seperti hasil rekaman kamera ETLE sejak kali pertama dioperasikan hingga sekarang tercatat ada belasan pelaku pelanggar lalu lintas terekam.

Pelaku pelanggar lalu lintas tersebut didominasi mobil karena pengemudi dan penumpang tidak memakai sabuk pengaman. Pelanggaran lainnya seperti menggunakan handphone saat mengemudikan mobil. Sedangkan pelanggaran lalu lintas dari pengendara sepeda motor sangat kecil. Pengendara sepeda motor sejauh ini masih tertib.

“Sudah ada satu kamera ETLE yang dipasang Polres Sukoharjo dan resmi dioperasionalkan pada 22 Maret lalu. Kamera ETLE ini akan merekam semua pelanggaran lalu lintas bagi kendaraan yang melintas di simpang Kejari Sukoharjo,” ujarnya.

Polres Sukoharjo berencana akan menambah pemasangan ETLE disejumlah titik lainnya. Wilayah tersebut seperti di Solo Baru, Kecamatan Grogol dan di Kecamatan Kartasura. Kedua kecamatan dipilih karena memiliki tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi dan rawan terjadi pelanggaran lalu lintas.

Pemasangan kamera ETLE membuat petugas Satlantas Polres Sukoharjo lebih mudah melaksanakan tugas. Polisi tidak perlu lagi mencegat para pengendara pelanggar lalu lintas jalan di simpang Kejari Sukoharjo. Sebab secara otomatis kamera ETLE akan merekam semua pelanggaran lalu lintas tersebut.

Para pelanggar lalu lintas yang terekam kamera ETLE akan langsung dikirimi surat elektronik tilang ke rumah masing masing sesuai alamat STNK kendaraan. Dalam surat tersebut juga disertai foto pelanggaran sesuai hasil rekaman kamera ETLE.

“Pelaku pelanggaran lalu lintas sebelum dikenai sanksi tilang akan mendapat konfirmasi dari petugas. Apakah kendaraan yang melanggar tersebut merupakan miliknya,” lanjutnya.

Konfirmasi wajib dilakukan petugas untuk memastikan kepemilikan kendaraan yang terekam kamera ETLE melakukan pelanggaran. Apabila kendaraan pelanggar yang terekam kamera ETLE sudah dijual atau berpindah tangan, maka bisa melakukan pengaduan dan memberikan konfirmasi tentang identitas pengendara baru ataupun informasi bahwa kendaraan telah dijual. “Tilang elektronik sangat bagus karena kamera ETLE mampu merekam semua kejadian pelanggaran,” lanjutnya.

Satlantas Polres Sukoharjo berharap setelah dilakukan pemasangan dan dioperasikan kamera ETLE di simpang Kejari Sukoharjo membuat masyarakat lebih tertib berkendara. Sebab pengawasan lalu lintas kendaraan sekarang dilakukan dengan menggunakan alat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI