Satlantas Polres Sukoharjo Siap Terapkan Tiga Aplikasi Online

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Satlantas Polres Sukoharjo siap terapkan tiga aplikasi online untuk pelayanan kepada masyarakat berupa E Tilang, E Samsat, dan SIM Online. Dari ketiganya yang sudah dijalankan yakni E Samsat, sedangkan dua layanan lainnya sedang dipersiapkan dan akan efektif digunakan pada 1 Januari 2017 mendatang.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Minggu (18/12/2016) mengatakan, ketiga aplikasi online sudah diresmikan oleh Kapolri beberapa waktu lalu. Selanjutnya disemua daerah akan menerapkan termasuk di Sukoharjo.

Sebelum diterapkan petugas dari Satlantas Polres Sukoharjo dan yang terkait lainnya telah mendapatkan pelatihan. Selain itu juga telah disediakan fasilitas berupa peralatan untuk menjalankan program tiga aplikasi online.

Pelayanan aplikasi online diterapkan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Karena merupakan program baru maka masyarakat juga perlu diberikan sosialisasi.

“E Samsat sudah dijalankan. Sedangkan E Tilang dan SIM Online masih dalam persiapan,” ujar AKP Finan.

Untuk E Samsat masyarakat sudah bisa membayar pajak tahunan kendaraan bermotor secara online maupun datang langsung ke kantor Samsat Sukoharjo. Penerapan pembayaran secara online diharapkan bisa mengurangi antrian panjang di loket.

Pelayanan E Tilang yang sedang dipersiapkan sekarang oleh Satlantas Polres Sukohajro yakni dengan koordinasi bersama Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Sukoharjo. Salah satu materinya yakni berkaitan dengan penentuan tabel denda kepada pelaku pelanggaran.

Persiapan juga dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo terhadap pelayanan SIM Online. Bantuan peralatan sudah diterima dan siap dipergunakan.  

“Masih ada sedikit keterlambatan untuk pelayanan dan sedang persiapan SIM Online khususnya berkaitan dengan jaringan,” lanjutnya. (Mam)

 

 

BERITA REKOMENDASI